Usai Bekasi Dilanda Banjir, Banyak Dokumen Penting hingga Uang Asing Rusak

IDNEWS.CO.ID – Usai alami banjir, sejumlah masyarakat di Bekasi dipusingkan dengan ada banyak dokumen yang rusak gara-gara terbenang. Dokumen yang rusak mulai dari ijazah sekolah, beberapa surat tanah, kepemilikan kendaraan roda empat dan simpanan uang asing juga terbenang.

Salah seorang masyarakat Perumahan Graba Indah, Jatiasih Inda Handayani, mengatakan, saat banjir Rabu 1 Januari 2020 tinggi air kurang lebih 1 meter. Air lantas merendam isi dalam rumah.

“Banyak yang kerendam, karena peti uang yang tempat untuk menyimpan dokumen basah semua,” kata Inda, Sabtu (4/1/2020).

Inda mengatakan dokumen yang terbenang itu seperti ijazah sekolah mulai dari SD, hingga ijazah Sarjana S1. Terhitung ijazah kedokteran spesialis punya putra sulungnya.

“Sudah banyak yang kering tetapi aku bingung membuat ulang kembali,” tuturnya.

Tidak cuma ijazah, kata Inda, dokumen kepemilikan rumah, buku kepemilikan kendaraan roda empat pula terbenang. “Sekarang sudah kering tinggal membuat ulang kembali. Kalaupun awal melihat dokumen terbenang kesel, tetapi saat ini sudah tulus,” tuturnya.

Hal mirip pula dirasakan Desy Arisandi, 23 tahun, satu diantara masyarakat Pondok Gede Permai. Menurutnya, saat banjir menyerang.menimpa rumahnya dokumennya sudah terbenang semua.

“Bagimana ingin selamatkan dokumen, urus diri saja saat banjir sulit,” kata Desy Arisandi, Sabtu (4/1/2020).

Bukan hanya itu, kata Desy, saat peristiwa banjir rumahnya dalam kondisi kosong, karena sedang pergi ke luar kota. “Waktu banjir itu aku tak di rumah, di Bogor, Nah bisa berita kalaupun rumah banjir itu dari tetangga, malam-malam,” tuturnya.

Untung, lanjut Desy, dokumen mempunyai nilai milik dia itu masih tersimpan dalam tas. Namun, sudah dalam situasi basah dan hampir robek. “Enggak apa-apa sich, untungnya tak hilang dan ini kan masih dapat di jemur,” katanya. (fat)

Baca Juga : 

The post Usai Bekasi Dilanda Banjir, Banyak Dokumen Penting hingga Uang Asing Rusak appeared first on IDNews.co.id.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: