Polda Banten Selidiki Tambang dan Pembalakan Liar Penyebab Banjir

IDNEWS.CO.ID – Polda Banten janji akan memahami dugaan pembalakan dan tambang liar di sekitar Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) yang menyebabkan banjir bandang dan longsor, di Kabupaten Lebak, Banten.

Petaka alam itu setidaknya menyebabkan enam kecamatan di Kabupaten Lebak terekses banjir dan longsor, ialah Kecamatan Cipanas, Lebak Gedong, Sajira, Curug Bitung, Maja dan Cimarga.

“Sesaat ini baru tukasnya demikian, kelak setelah ini tuntas semua, pertolongan, evakuasi, pertolongan, peka genting, akan kita dalami apa sebabnya. Waktu ini kita konsentrasi pada pertolongan,” kata Kapolda Banten, Irjen Pol Tomsi Tohir, dijumpai di tempat petaka, Sabtu (4/1/2020).

Tomsi yang akan mutasi berubah menjadi Kapolda NTB itu mengatakan faksinya akan menggandeng Pemkab Lebak sampai Dinas Lingkungan Hidup (LH) untuk memahami dugaan pertambangan emas ilegal dan pembalakan liar, usai saat peka genting kebencanaan tuntas pada 14 Januari 2020 mendatang.

“Sebab ada perbedaan-perbedaan (petaka) di beberapa titik itu, penyebabnya. Bila di lain tempat kan air menggenang, di sini kan airnya ngebut. Nah kelak itu akan kita dalami bersama lembaga terkait, mungkin LH, pemerintah ditempat,” tukasnya.

Waktu ini team SAR campuran masih mengupayakan buka akses ke arah beberapa perkampungan yang masih terisolir, seperti di Desa Cilaksa yang bersebelahan dengan Jasinga, Kabupaten Bogor.

Menurut Tomsi, disana masih ada sekitar 350 kepala keluarga, yang terisolir, dan perlu banyak pertolongan, seperti pakaian sampai makanan.

“Di Cilaksa itu sudah dekati Bogor, namun kita mendapatkan laporan masih ada masyarakat yang turun, masih ada satu kampung yang terisolir disana. Untuk sementara (Tim SAR Campuran) bawa sembako dahulu, menanggung sembako. Setelah itu kita upayakan untuk turun ke posko,” jelasnya. (fat)

Baca Juga :  Bhabin Timahan: Selalu Cek Barang Dagangan, Jangan Sampai Jual Makanan Dan Minuman Kadaluarsa

The post Polda Banten Selidiki Tambang dan Pembalakan Liar Penyebab Banjir appeared first on IDNews.co.id.

Sumber: https://idnews.co.id/polda-banten-selidiki-tambang-dan-pembalakan-liar-penyebab-banjir/

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: