Waspada, Tato Henna Bisa Menyebabkan Keracunan dan Kerusakan Kulit

IDNews.co.id – Henna untuk beberapa warga bukanlah sekali lagi hal yang aneh. Henna biasanya dibuat mendekati pesta pernikahan, dan biasanya wanita yang mengenakannya. Namun, pemanfaatan henna sendiri saat ini lebih jauh sekali lagi, dan digunakan untuk alternatif buat tato.

Tato henna biasanya dibuat buat mereka yang menginginkan mentato badannya, namun tidak mau permanen seperti tato biasanya. Tato menggunakan henna juga biasanya relatif aman, dan pas untuk siapa saja. Namun beberapa waktu terakhir ada peristiwa yang cukup menyedihkan terkait tato menggunakan henna.

Seperti yang terjadi pada anak berusia tiga tahun bernama Ellis Burke, dimana saat ia berlibur dengan keluarganya, ia dibuatkan tato bergambar spiderman dengan menggunakan henna sebagai tintanya. Namun yang terjadi jadi hal yang mengerikan, kulit tangannya melepuh dan terbakar.

Ia juga dilarikan ke unit kritis darurat untuk diberi pertolongan. Dan sisa tato itu juga membekas dan susah untuk di hilangkan, karena menyebabkan kulitnya terbakar. Diluar itu, pertamanya ia juga ada masalah bernapas dan suhu badannya meninggi, lalu muntah-muntah.

Peristiwa yang terjadi di Marbella, Spanyol ini, diperhitungkan bocah itu terkena bahan kimia yang beresiko. Dan hasil pengamatan kedokteran menyebutkan, jika bocah itu terkena toksin.

Dan setelah dilakukan cek laboratorium, bocah itu terkena bahan kimia beresiko bernama para-phenylenediamine (PPD), dan ia juga menyarankan pada siapa saja yang akan melakukan tato henna untuk kembali mengurungkan tujuannya.

Perlu untuk Anda, jika menginginkan melakukan tato henna, pakai produk yang memang memiliki sertifikasi dan keamanan. Dan jika tahu, pakai daun henna yang memang dibuat oleh kita dengan segera. Karena sekarang banyak produk henna siap gunakan di bursa pasaran. Untuk menghindari hal yang jelek, jangan pakai produk henna pada anak-anak Anda.(ndi)

Posting Waspada, Tato Henna Bisa Menyebabkan Keracunan dan Kerusakan Kulit ditampilkan lebih awal di IDNews.co.id.

Baca Artikel ini melalui Gadget Anda, silahkan scan QRCode berikut ini:

Related Search

author
No Response

Leave a reply "Waspada, Tato Henna Bisa Menyebabkan Keracunan dan Kerusakan Kulit"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.