Warna ASI Berubah Menjadi Pink Saat Diperah, Sang Ibu Panik. Ternyata Karena Hal Sepele Ini

DokterSehat.Com– Air susu ibu (ASI) biasanya memiliki warna putih kekuningan seperti krim. Hanya saja, sang ibu yang berasal dari Australia yang tidak disebutkan namanya ini kaget tatkala melihat ASI yang diperahnya memiliki warna pink atau merah muda.

doktersehat-asi-ibu-menyusui

doktersehat-asi-ibu-menyusui

Awalnya, sang ibu keheranan dengan anaknya yang berusia 16 bulan yang terus-menerus meminta ASI. Di usia tersebut, anak sudah bisa mengkonsumsi makanan pendamping ASI sehingga seharusnya tidak lagi terus-terusan meminta ASI layaknya bayi yang baru lahir. Ia pun curiga sehingga memilih untuk memerah ASI saat ada kesempatan. Saat memerahnya inilah Ia terkejut tatkala melihat warna ASI yang keluar berwarna merah muda. Awalnya Ia berpikir jika ASI ini tercampur dengan darah, namun puting payudaranya sama sekali tidak terluka. Setelah dicek, ASI ini juga memiliki rasa yang cenderung manis. Kemudian, saat bayinya buang air besar, warna kotoran yang dikeluarkan ternyata juga cenderung kemerahan.

Sempat kebingungan dengan berbagai hal ini, sang ibu kemudian mengingat-ingat apa yang Ia konsumsi sebelumnya. Ternyata semua keanehan ini disebabkan oleh konsumsi bit yang Ia lakukan sebelumnya. Dalam postingan yang diunggahnya di grup Facebook bernama Breastfeeders Australia, Ia mengunggah foto ASI-nya yang berwarna kemerahan namun memberikan keterangan bahwa hal ini disebabkan oleh terlalu banyak mengkonsumsi bit.

Australian Breastfeeding Association menyebutkan bahwa warna ASI memang tidak selalu putih kekuningan. Konsumsi beberapa jenis makanan tertentu ternyata bisa mempengaruhi warna ASI dengan signifikan seperti bit, wortel, labu, rumput laut, dan berbagai makanan lainnya. Karena alasan inilah, jika kita menemukan warna ASI tidak seperti biasanya, cobalah ingat-ingat dulu apa saja yang kita makan sebelumnya.

Source: http://doktersehat.com/warna-asi-berubah-menjadi-pink-saat-diperah-sang-ibu-panik-ternyata-karena-hal-sepele-ini/

__Posted on
January 26, 2018
__Categories
Kesehatan, Peristiwa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.