By | July 31, 2020

Madiun – Meskipun ada Surat Edaran dari Dinas Kesehatan tentang larangan sholat Idul Adha di zona merah covid-19, namun sejumlah desa yang masuk zona merah di Kabupaten Madiun akan tetap melaksanakan dengan mengedepankan protokol kesehatan Covid-19.

Salah satunya yaitu Desa Sidorejo, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun. Meski Desa tersebut terdapat warga yang terkonfirmasi positif Covid-19. Namun berdasarkan keputusan setelah musyawarah antara Muspika Kecamatan dan Tokoh Masyarakat setempat telah disepakati bahwa hari raya Idhul Adha yang akan jatuh pada Jumat (31/07/2020), tetap akan dilaksanakan Sholat Idul Adha berjamaah.

Camat Wungu Kabupaten Madiun, Junaidi mengatakan bahwa dalam musyawarah tersebut Muspika Kecamatan yang diwakili oleh dirinya telah memberikan himbauan tentang tata cara penyelenggaraan sholat ied ditengah masa pandemi Covid-19. Dirinya berharap melalui himbauan tersebut masyarakat akan terhindar dari penyebaran Covid-19.

“Termasuk mempersiapkan sarana dan prasarana penunjang protokol kesehatan. Disarankan pelaksanaan sholat ied dilakukan di Mushola ataupun rumah untuk menghindari dan mencegah kerumunan,” jelas Junaidi.

Takmir Masjid Desa Sidorejo Kabupaten Wungu, Edi Purwanto menambahkan bahwa pada pelaksanaan sholat ied di masjid Desa Sidorejo diperkirakan akan diikuti sekitar 200 hingga 250 jamaah.

“Setiap jamaah yang akan masuk masjid tetap diwajibkan mematuhi protokol kesehatan Covid-19,” tutur Edi.

Lebih lanjut dirinya telah dan rekan rekan pengurus masjid telah mempersiapkan sarana prasarana protokol kesehatan seperti termo gun, tempat cuci tangan dan tetap menerapkan jaga jarak 1 meter antar jamaah.

Adapun berdasarkan surat Edaran Nomor 443/6481/402.102/2020 Dinas Kesehatan Kabupaten Madiun tentang larangan Sholat Ied di zona merah Covid-19.

Dalam surat tersebut tertera sembilan desa yang dilarang menyelenggarakan salat Idul Adha yakni Desa Glonggong, Kecamatan Dolopo; Desa Jogodayuh, Kecamatan Geger; Desa Purwosari, Kecamatan Wonoasri; Desa Muneng, Kecamatan Pilangkenceng; Desa Sidomulyo, Kecamatan Sawahan; Desa Sidorejo, Kecamatan Wungu; Desa Sidorejo, Kecamatan Kebonsari; Desa Sidorejo, Kecamatan Saradan; dan Desa Pagotan, Kecamatan Geger. (Ger).

Baca Juga :  Kumpul Bareng Dengan Warga Desa Binaan

Sumber: lenteratoday.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.