Wagub Sandi Hati-hati Kasih Izin Ratu Prabu Bangun LRT

IDNews.co.id – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memperoleh tawaran dari PT Ratu Prabu Daya Tbk untuk membuat jalur Light Rail Transit (LRT) selama lebih dari ratusan kilometer. Dalam proyek itu Pemprov DKI dijanjikan tak keluarkan biaya sepeser juga.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno ini pagi mengakui udah bekerjasama dengan Menteri BUMN Rini Soemarno. Dalam penuturan itu, Rini meminta Sandi supaya membahas penawaran itu sebelumnya memutuskan.

” Bu Menteri mengatakan bila semisal ada swasta yang ingin membuat dan menggunakan dana sendiri tanpa pemberian dari pemerintah, kita mesti kaji. Dan kalau itu sungguh-sungguh visible, begitu amat mungkin, itu mesti kita dorong dan dipercepat, ” kata Sandiaga Senin (8/1/2018).

Sandiaga lalu bercerita rekam jejak PT Ratu Prabu Daya Tbk pada Rini. Menurut Sandiaga PT Ratu Prabu Daya sudah dua tahun melakukan study untuk proyek ini dan menelan biaya sampai ratusan miliar.

” Mereka (Ratu Prabu) sudah dua tahun melaksanakan ini dan membayar mahal sekali untuk konsultan internasional, itu (konsultannya) Bechtel International. Bechtel ini konsultan terkenal dunia. Saya sempat gunakan juga konsultannya saat saya di dunia usaha. Dan mahal sekali mereka. Bermakna mereka (Ratu Prabu) melakukan kajian itu begitu dalam, ” kata sandi

Terkecuali perusahaannya, Sandiaga juga mengakui udah mengetahui cukup lama sosok Presiden Direktur PT Ratu Prabu Daya Tbk, yaitu Burhanuddin Bur Maras yang memang udah aktif dalam dunia usaha industri Migas 40 tahun terakhir.

Saat mendapatkan tawaran itu, Sandiaga mengakui memang cukup terperanjat. Karena, walau ini kerja sama dibidang transportasi, tetapi ia tak menganggap akan dilakukan kajian dengan begitu mendalam.

Sandiaga bahkan pernah meminta untuk melihat hasil kajian itu. Tetapi belum bisa diberi karena masih berbentuk rahasia.

” Kemarin saya meminta ditinggal hasil kajian itu, tapi karena ada kesepakatan kerahasiaan, belum dapat, karena mereka sampai kini bekerjasamanya dengan Kementerian Perhubungan, ” katanya.

Sandiaga mengatakan, akan melakukan kajian bersama-sama Kementerian Perhubungan terkait tawaran PT Ratu Prabu Daya Tbk ini. Ia mengharapkan partisipasi swasta yang tidak membebani perintah ini bisa terealisasi dan bisa membawa efek positif.

” Saya mengatakan tolong yakinkan supaya rencana ini sinkron. Dia jika tidak salah sudah investasi ratusan miliar untuk studinya saja. Jadi menurut saya kita yakinkan rencana swasta saat ini dapat terakomodir. Jadi Alhamdulillah ada swasta yang dapat turut untuk tangani kemacetan Jakarta, ” katanya.(ndi)

Posting Wagub Sandi Hati-hati Kasih Izin Ratu Prabu Bangun LRT ditampilkan lebih awal di IDNews.co.id.

__Posted on
January 8, 2018
__Categories
Peristiwa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.