Venue Harus Berstandar Internasional

IDNews.co.id – Infrastruktur dan fasilitas Asian Games 2018 harus sesuai dengan standar yang ditetapkan Olympic Council of Asia (OCA). Besarnya event ini  dapat menjadi gambaran pertaruhan nama Indonesia di pentas dunia. Salah satu indikator suksesnya perhelatan ini dilihat dari kualitas venue dan sarana prasarana yang bisa disediakan Indonesia sebagai tuan rumah.

“Jika kita bisa menyediakan venue sesuai dengan standar olimpiade, tentu Federasi Olahraga Dunia akan memberi apresiasi pada Indonesia, dan pengakuan ini menjadi catatan emas nama Indonesia selaku penyelenggara,” kata Wakil Ketua Komisi X DPR RI Sutan Adil Hendra usai meninjau  beberapa venue cabang olahraga untuk Asian Games 2018 di Jakabaring Sports City, Palembang, Sumsel, Kamis (25/1/2018).

Selain itu, dalam hal persiapan venue pertandingan Asian Games, politisi F-Gerindra itu mengharapkan ada nilai tambah dalam hal promosi wisata Indonesia. “Venue pertandingan bisa kita kolaborasikan dengan nilai budaya Indonesia, baik berupa corak, motif, ukiran dan kostum panitia, sehingga ada nilai tambah dan keunikan dari tiap venue yang kita tampilkan nantinya,” ungkap Sutan.

Politisi asal dapil Jambi itu yakin, jika konsep ini dijalankan akan membawa semarak dari pesta olahraga empat tahunan tersebut. “Venue berstandar Olimpiade dan ada muatan lokal budaya yang kuat, ini akan menjadi kesuksesan yang paling bernilai bagi tuan rumah,” harap Sutan.

Sebagai gambaran, Asian Games 2018 akan diadakan di DKI Jakarta dan Sumatera Selatan, dan akan ditunjang Jawa Barat dan Banten, serta akan mempertandingkan 39 cabang olahraga, 53 disiplin dan 426 nomor pertandingan, dengan mengikut sertakan 15.341 atlet dari 45 negara. (par/fat)

Posting Venue Harus Berstandar Internasional ditampilkan lebih awal di IDNews.co.id.

__Posted on
January 27, 2018
__Categories
Peristiwa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.