Tunaiku: Budaya Kerja Startup Bukan Sekadar Tampilan

Lingkungan kerja yang nyaman dan menjadi tempat mengembangkan diri, merupakan idaman hampir seluruh karyawan. Namun, untuk mewujudkan hal tersebut harus ada komitmen tinggi dari perusahaan. Menurut hasil survei Deloitte Millennial 2018, ada empat hal yang diharapkan dari pekerja milenial dan Gen Z, yakni to be more diverse, flexible, nurturing of and generous.

Bagi Amar Bank, induk perusahaan dari layanan fintech  Tunaiku, mengembangkan sumber daya manusia (SDM) dan menciptakan lingkungan kerja yang menginspirasi merupakan komitmen utamanya. Menurut Managing Director Amar Bank Vishal Tulsian, setiap perusahaan memiliki budaya kerjanya masing-masing.

“Bisa dikatakan, budaya kerja yang diterapkan di Amar Bank ini seperti budaya kerja sebuah startup,” kata Vishal.

Baginya, sebuah perusahaan atau organisasi besar lebih fokus terhadap kesenjangan kinerja dan sudah memiliki standar tersendiri yang harus dipertahankan. Sedangkan Amar Bank fokus pada kesenjangan peluang. Startup bukan hanya menjadi tampilan saja melainkan menjadi pola pikir. Beberapa karakteristik yang dapat diunggulkan dari pola pikir ini adalah kemampuan untuk melakukan eksperimen dan berani mengambil risiko.

Amar Bank percaya, melalui budaya dan lingkungan kerja yang produktif dan menyenangkan, perusahaan dapat mendorong SDM untuk meraih mimpi besarnya. Didominasi milenial, Amar Bank berkomitmen mengembangkan kemampuan seluruh karyawan dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif dalam perkembangan karier mereka.

“Kami percaya melalui budaya dan lingkungan kerja yang efektif dan dinamis serta sesuai dengan nilai-nilai yang kami terapkan, yakni Speed, Dream Big, Customer Focus, Experimentation, Growth and Fun, akan tumbuh semangat untuk terus berkembang dan maju bersama perusahaan,” terang Ratna Julia, Head of People Function Amar Bank.

Salah satu cara yang dilakukan oleh Amar Bank adalah dengan melakukan Friday Session dengan berbagai kegiatan, seperti, skill sharing, book club, kevin’s game, birthday challenge, dan skit atau drama singkat tentang nilai-nilai yang ada di Amar Bank.

“Kami meyakini ketika SDM kami berkembang, perusahaan juga akan bertumbuh,” tutup Vishal.

Editor: Sigit Kurniawan

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Sumber: marketeers.com

Sumber: marketeers.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.