Tolak Wapres AS, Trump Tahan Bantuan ke Palestina

IDNews.co.id – Presiden Amerika Serikat Donald Trump meneror akan menahan pertolongan pada Palestina jika mereka tidak bersedia melakukan perdamaian dengan Israel. Ancaman Trump juga terkait dengan penolakan Palestina pada kehadiran Wakil Presiden AS Mike Pence dalam sebuah kunjungan beberapa waktu terakhir ini.

Sebagaimana diketahui, Warga Palestina menolak kunjungan Pence ke wilayah itu bulan ini, setelah Trump mengaku Yerusalem sebagai ibu kota Israel dan berjanji untuk mulai mengubahkan kedutaan AS. ke kota itu.

Dilansir Reuters, Jumat (26/1/2018) , Trump mengecam Palestina yang menolak kehadiran Wakil presiden Mike Pence.

” Mereka (Palestina) tidak menghormati kami seminggu waktu lalu dengan tidak mengizinkan Wakil Presiden kami melihat mereka, ” kata Trump saat bertemu PM Israel Benjamin Netanyahu di Davos Swiss, Kamis (25/1/2018) .

” Kami berikan mereka ratusan juta dolar untuk pertolongan dan support, jumlah yang gemilang, ” ujarnya. ” Uang tidak masuk ke mereka terkecuali mereka duduk dan menegosiasikan perdamaian. ”

AS merencanakan menahan dana sebesar $65 juta dari $125 juta yang akan dikirim ke PBB untuk menolong pengungsi Palestina. Badan Pertolongan dan Pekerja PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA) sampai kini didanai hampir semuanya dari sumbangan suka-rela negara-negara di PBB, dan AS adalah kontributor dana terbesar.

Seorang juru bicara Presiden Palestina Mahmoud Abbas mengatakan AS sudah keluarkan dirinya dari meja perundingan sebagai mediator perdamaian, karena sudah mengaku Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

” Yerusalem tidak di jual. Amerika Serikat tidak bisa memiliki andil setelah mereka memutuskan untuk mengaku Yerusalem sebagai ibu kota Israel, ” kata juru bicara Nabil Abu Rdainah pada Reuters melalui telepon dari Yordania.

Abbas sudah memanggil deklarasi Trump di Yerusalem sebagai ” tamparan di wajah ” dan sudah menolak Washington sebagai broker yang jujur? ? dalam perbincangan masa depan Palestina-Israel. Abbas pergi untuk kunjungan ke luar negeri sebelumnya Pence tiba.

Abbas mengatakan kalau dia cuma akan terima sebuah komunitas yang di dukung dengan internasional untuk jadi penghubung perundingan damai dengan Israel.

Disamping itu, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu saat bicara di Davos, mengatakan cuma AS yang dapat jadi penghubung perjanjian damai.

Pemerintah Israel berasumsi Yerusalem sebagai ibu kota negara yang abadi dan tak terdiri, meskipun tidak disadari dengan internasional. Sedangkan Warga Palestina melihat Yerusalem Timur sebagai ibu kota negara Palestina di masa depan.(ndi)

Posting Tolak Wapres AS, Trump Tahan Bantuan ke Palestina ditampilkan lebih awal di IDNews.co.id.

Baca Artikel ini melalui Gadget Anda, silahkan scan QRCode berikut ini:

Related Search

author
No Response

Leave a reply "Tolak Wapres AS, Trump Tahan Bantuan ke Palestina"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.