Tips Ini Cocok Banget Buat Kamu yang Mau Melamar Loker Jakarta

IDNEWS.CO.ID – Jika kamu sedang mencari pekerjaan, kamu perlu mengingat bahwa kamu bukan satu-satunya yang melamar pekerjaan di posisi yang diincar. Maka dari itu, penting untuk selalu update seputar loker maupun trik dan tipsnya. Hal ini diperlukan untuk dapat mempermudah dan memperbesar peluangmu melamar loker Jakarta. 

Apa saja tips dan trik seputar loker Jakarta? Simak di bawah ini.

Baca deskripsi pekerjaan secara saksama

Membaca deskripsi pekerjaan adalah salah satu hal pertama yang harus dilakukan sebelum kamu melamar posisi tersebut. Sayangnya, hal dasar seperti ini pun banyak dilewatkan dan tidak begitu diperhatikan. Kebanyakan orang membaca deskripsi pekerjaan secara singkat dan hanya sekilas saja, padahal mungkin ada beberapa poin penting yang terlewatkan. 

Menurut LinkedIn, ada 3 hal utama yang harus diperhatikan ketika membaca maupun membuat deskripsi pekerjaan: gaji dan kompensasi, kualifikasi, dan rincian pekerjaan. Kalau tiga hal tersebut sudah sesuai dengan preferensimu, barulah kamu mencari tahu tentang perusahaan dan kulturnya, kemudian apply ke loker Jakarta yang kamu inginkan. 

Perhatikan kualifikasi yang dibutuhkan

Seperti yang tadi telah disebutkan pada poin sebelumnya, memperhatikan kualifikasi juga merupakan hal utama yang harus dilakukan sebelum melamar pekerjaan. Kamu perlu mengetahui kualifikasi apa saja yang dibutuhkan agar bisa dicocokkan dengan kemampuanmu. 

Jika kamu tidak merasa percaya diri dengan kemampuanmu untuk dapat memenuhi kualifikasi dan ekspektasi tersebut, lewati saja dan cari loker Jakarta lainnya. Jangan nekat dan memaksakan diri untuk tetap apply, ya! 

Perbaiki CVmu

Seperti yang dikutip dari Medium, sebanyak 68% perekrut membaca CV kandidat dalam waktu kurang dari 2 menit. Dengan banyaknya CV pelamar, tentu saja kamu harus membuat CVmu terlihat lebih menarik dan berbeda daripada yang lainnya. Kalau kamu ingin melamar untuk loker Jakarta, kamu perlu mengetahui apa-apa saja yang dicari dan diperhatikan oleh HRD.

Sekarang ini, CV polosan dinilai tidak lagi menarik. Banyak orang-orang yang mulai mendekorasi CVnya dengan desain yang minimalis dan profesional agar tidak terlihat membosankan. Banyak situs-situs yang menyediakan template untuk CV secara gratis, beberapa di antaranya: Canva, CV Maker, VisualCV, dll. 

Selain desain, kamu juga harus memperhatikan apa saja yang harus ditulis. Pastikan CV yang kamu tulis dapat meliputi bagian-bagian ini: tentang saya, riwayat pendidikan, pengalaman kerja, kelebihanmu/skills yang kamu kuasai. 

Ketika sedang menulis di bagian “Tentang Saya”, yang harus kamu tulis adalah siapa kamu dan pekerjaanmu sekarang. Kamu juga bisa menuliskan passion kamu. Di bagian “Riwayat Pendidikan”, kamu tidak perlu menuliskan riwayat pendidikanmu dari TK hingga saat ini, cukup tuliskan jenjang pendidikan terakhirmu.

Di bagian “Pengalaman Kerja” kamu harus selektif memilih mana yang harus kamu masukkan, tidak perlu memasukkan semua riwayat pengalaman kerja milikmu. Cukup dengan memasukkan beberapa riwayat pekerjaan yang relevan dengan posisi yang kamu lamar saat ini. Di bagian “Kelebihan/Skills” juga tulislah kemampuan yang kamu rasa kamu kuasai, hal inilah yang menentukan nilaimu di mata para perekrut.

Tulis Cover Letter dengan baik

Menulis cover letter memang tidak wajib, namun dianjurkan. Cover letter atau surat pengantar dibutuhkan untuk menyediakan informasi tambahan yang tidak dapat kamu cantumkan di CVmu. Kamu dapat menjelaskan detail-detail pengalaman kerjamu maupun skills-mu di dalam cover letter. Kamu dapat menulis mengenai hal-hal apa saja yang kamu pelajari dan perkembangan apa saja yang kamu alami di pekerjaan sebelumnya. 

Akan tetapi, menulis cover letter tidak dapat sembarangan. Cover letter yang bagus bisa meloloskanmu untuk ke tahap interview, atau justru membuat citramu menjadi buruk bagi perekrut. Hal-hal yang perlu kamu perhatikan adalah: tulis dengan jelas kepada siapa surat ini ditujukan, tulis paragraf pertama yang menarik, jelaskan mengapa kamu memiliki kualifikasi untuk posisi yang kamu lamar, tunjukkan kalau kamu memiliki visi dan misi yang sama seperti perusahaan, dan tulis hanya dengan 1 halaman saja. 

Gunakan situs lowongan kerja online

Sekarang ini, banyak sekali situs-situs online yang menyediakan info loker. Melamar pekerjaan secara online dinilai lebih efektif dan hemat waktu, karena kamu dapat melamar kapan saja dan di mana saja selama jaringan internet masih ada. 

Selain itu, situs-situs lowongan kerja juga biasanya menyediakan fitur seperti mencari pekerjaan sesuai lokasi dan bidang yang kamu minati. Contohnya, jika kamu tinggal di Jakarta maka kamu dapat mencari loker Jakarta, jadi tidak ribet! Mereka juga menyediakan saran-saran melamar kerja, juga menyediakan trend lowongan pekerjaan yang sangat dicari. 

Itulah beberapa tips untuk membantumu melamar lowongan pekerjaan. Melamar pekerjaan memang tidak mudah, kamu harus berhati-hati dengan segala hal yang kamu tulis di CV maupun cover letter. Kamu juga tidak bisa gegabah dalam melamar pekerjaan maupun menerima pekerjaan. Namun, dengan adanya tips-tips ini semoga kamu dapat terbantu untuk melamar loker Jakarta, ya. Semoga sukses menemukan pekerjaan impianmu! 

The post Tips Ini Cocok Banget Buat Kamu yang Mau Melamar Loker Jakarta appeared first on IDNews.co.id.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.