Tips Berbisnis dengan Modal Minim

IDNews.co.id – Kekurangan modal usaha jadi salah satunya masalah yang sering dihadapi oleh para bisnisman pemula. Saat akan mulai sebuah usaha, modal usaha yaitu kebutuhan terutama yang perlu dipenuhi. Inspirasi usaha tidak bisa direalisasikan dengan maksimal jika modalnya terbatas.

Untuk Anda yang menginginkan mulai usaha, kurangnya modal usaha bukanlah artinya Anda mesti tunda atau hentikan yang diimpikan Anda untuk melakukan bisnis. Ada banyak cara untuk menyatukan modal usaha banyak yang Anda perlukan. Asal Anda miliki kemauan yang kuat untuk melakukan bisnis, tentu ada pemecahannya.

Nah, jika uang Anda sekarang ini kurang banyak untuk modal usaha, selanjutnya cara yang dapat Anda aplikasikan untuk mendapatkan dana penambahan untuk usaha Anda.

1 Mendatangi Orang Terdekat

Cara simpel dan termudah yakni dengan mendatangi orang paling dekat, seperti keluarga atau teman akrab. Kerabat atau teman baik yaitu beberapa orang yang sudah tahu baik diri Anda, hingga peluang besar mereka akan meyakini Anda dalam soal uang. Cobalah saja Anda mendatangi mereka dengan baik-baik untuk meminjam uang. Atau dapat pula menawarkan mereka untuk jadi partner usaha dan gabung dalam kegiatan usaha Anda. Dengan demikian, mereka akan ikut menyumbang dana untuk keperluan usaha Anda.

2 Pinjam Uang ke Bank

Beberapa orang kesusahan mendapatkan utang uang dari bank. Namun, tidak ada kelirunya Anda untuk coba meminjam uang ke sejumlah bank, khususnya bank pemerintah yang memberikan biaya administrasi yang lebih terjangkau dan suku bunga yang kompetitif. Anda lengkapi semuanya kriteria yang disuruh, seperti kartu jati diri, slip gaji, buku tabungan, dan sebagainya. Jika semuanya sudah lengkap, mengajukan Anda dapat segera diolah dan peluang besar bank pengin mengambulkan permintaan Anda.

3 Kampanye di Situs Crowdfunding

Anda miliki inspirasi usaha yang menarik? Segera untuk proposal dan rencana bisnisnya. Lalu Anda dapat mendaftar ke website crowdfunding untuk mendapatkan pendanaan dari beberapa orang yang tertarik dengan rancangan usaha Anda. Ketika mendaftar, Anda jabarkan rancangan usaha Anda, berapakah modal yang dibutuhkan, tenggang saat untuk pengumpulan dana, dan apa bentuk reward yang Anda janjikan untuk para donatur. Dengan bermodal rancangan usaha yang apik, tentu Anda dapat mendapatkan pendanaan itu.

4 Ikut Kompetisi Startup

Sekarang ini pemerintah dan beragam perusahaan investasi dan teknologi kerap menghadirkan pertandingan startup untuk usaha rintisan setiap tahun. Cobalah ikuti pertandingan startup yang berada di Indonesia. Jika Anda dipilih jadi peserta paling baik, Anda dapat mendapatkan tuntunan dari para pengusaha yang sudah memiliki pengalaman dan diberi hadiah uang yang cukup besar untuk memodali usaha Anda.

5 Mencari Pekerjaan Sampingan

Jika sekarang ini Anda bekerja dengan full-time di satu perusahaan, jangan tergantung dari gaji bulanan Anda. Cobalah mencari pekerjaan sambilan untuk menaikkan modal usaha. Seperti pekerjaan freelance yang dapat Anda jalankan saat malam hari setelah pulang dari kantor, atau di akhir minggu saat tidak masuk kerja. Gunakan saat sebaik baiknya untuk bekerja lebih keras. Anda mungkin mesti mengorbankan saat, tapi modal usaha Anda akan terkumpul lebih cepat. Anda juga jadi belajar mandiri dengan modal usaha yang Anda kumpulkan sendiri.(ndi)

Posting Tips Berbisnis dengan Modal Minim ditampilkan lebih awal di IDNews.co.id.

__Posted on
January 5, 2018
__Categories
Peristiwa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.