Tiga Kandidat Calon Ketua DPR, Hanya Agus yang Tak Bermasalah Hukum

IDNews.co.id – Koalisi Masyarakat Sipil untuk DPR mendesak agar Partai Golkar dapat mengajukan calon ketua DPR RI yang tidak pernah terlibat masalah hukum, khususnya tindak pidana korupsi.

“Dibawah Airlangga Hartarto yang ingin menjadikan partai Golkar sebagai partai bersih, maka pilihlah kadernya yang akan duduk sebagai ketua DPR yang tidak pernah bermasalah dalam sangkaan korupsi,” kata Abdul Fickar Hadjar, salah satu anggota koalisi di dalam acara Petisi Syarat Calon Ketua DPR di Jakarta, Selasa (2/1).

Menurutnya, hal itu akan membawa perubahan wajah DPR agar tidak selalu berstigma sebagai lembaga terkorup.

“Kalau pimpinan DPR nya bermasalah, maka jangan salahkan lembaga ini akan selalu memiliki citra buruk,” tukasnya.

Lalu, dari tiga calon ketua DPR yang saat ini muncul di media massa, antara lain Azis Syamsudin, Bambang Soesatyo dan Agus Gumiwang, Fickar pun mengaku hanya Agus yang belum pernah bermasalah dalam hukum.

“Setahu saya, Azis dan Bambang pernah dipanggil KPK atau Kejagung dalam dugaan korupsi. Dan Agus belum pernah,” ujar Fickar.

“Tapi tu bagi saya juga bukan jaminan orang itu bersih,” tambah Fickar yang juga pakar hukum pidana Universitas Trisakti.

Sementara, anggota komisi masyarakat sipil lainnya, Jeirry Sumapouw turut menegaskan bahwa dari ketiga calon itu, hanya Agus Gumiwang yang belum bermasalah dalam hukum.

Meski begitu, Direktur Eksekutif Komite Pemilih Indonesia (Tepi) ini menerangkan bahwa Agus Gumiwang juga tidak pernah terdengar pernah melakukan pembelaan untuk membela keberadaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dari upaya pelemahan yang dilakukan oleh Pansus KPK di DPR.

“Tapi kita juga tidaj pernah mendengar pembelaan Agus terhadap pembelaan terhadap KPK,” ucapnya.

“Dan nama-nama yang muncul sebagai calon ketua DPR belum teruji di publik. Padahal ini akan merekrut orang dalam memimpin lembaga politik,” lanjutnya. (ndi)

Posting Tiga Kandidat Calon Ketua DPR, Hanya Agus yang Tak Bermasalah Hukum ditampilkan lebih awal di IDNews.co.id.

__Posted on
January 2, 2018
__Categories
Peristiwa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.