Tiga Aturan Ketat yang Bikin Pejabat China Takut Korupsi

IDNews.co.id – Sejak Xi Jinping dipilih jadi Presiden China pada tahun 2013 lalu, perekonomian Negeri Tirai Bambu setiap tahunnya senantiasa mengalami penambahan. Hal itu tak terlepas dari usaha China untuk selalu memberantas korupsi di kelompok para petinggi negara.

Seperti yang kita tahu, Presiden Xi Jinping menempatkan hukuman mati buat petinggi yang bisa dibuktikan melakukan korupsi. Pada tahun 2015 saja, terdaftar ada beberapa puluh petinggi tinggi negara sampai level menteri yang dieksekusi karena sudah bertindak korupsi. Tak heran jika tingkat korupsi di China selalu mengalami penurunan sampai beresiko pada meningkatnya perekonomian negara itu.

Diambil Wow Menariknya dari beragam sumber, tersebut kami berhasil merangkum ketentuan-aturan ketat buat petinggi China yang buat mereka takut melakukan korupsi.

1. Korupsi sama dengan cari mati

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, hukuman mati yang diterapkan pemerintah China telah memberi efek jera yang nyata bagi para koruptor. Sejak dilantik pada 14 Maret 2013, Presiden Xi Jinping bersumpah akan memberantas korupsi di negaranya, yaitu dengan menerapkan hukuman mati.

Tak sampai 12 bulan sejak aturan tersebut resmi diberlakukan, tercatat ada puluhan pejabat China yang dieksekusi mati. Hebatnya lagi, proses eksekusi mati beberapa koruptor dilakukan di depan publik. Bahkan Presiden Xi Jinping sendiri sudah menyiapkan peti mati khusus untuknya jika ia terbukti melakukan korupsi.

Meski tidak secara total mampu memberantas korupsi, tapi hukuman mati terbukti efektif mengurangi tingkat korupsi di China setiap tahunnya. Sampai sekarang pun China masih menerapkan hukuman mati bagi para koruptor. Tak heran jika perekonomian negara ini semakin meningkat.

2. Pejabat disuruh lihat koruptor di penjara

Tak semua pejabat yang terbukti korupsi akan dihukum mati. Hanya mereka yang melakukan korupsi dalam skala besar yang akan dihukum mati. Tapi jika tidak terlalu besar, maka hukumannya hanya di penjara. Tapi penjara koruptor di China tak seindah yang kamu bayangkan.

Mereka dipenjara di sel tahanan yang sempit sama seperti tahanan lainnya. Mereka tidak akan bisa hidup seenaknya di dalam penjara. Nah, untuk memberikan peringatan kepada para pejabat lain agar tidak melakukan korupsi, Komisi Pusat Disiplin Anggota Partai Komunis China (CCDI) menyuruh para pejabat untuk menjenguk para koruptor yang di penjara dan melihat bagaimana mengerikannya hidup di dalam sel tahanan.

3. Gampang dipecat

Boro-boro korupsi, jika pejabat China kedapatan suka malas-malasan saat bekerja, seperti pura-pura sakit atau bolos saat ada rapat, pemerintah tidak akan segan-segan untuk memecatnya.

Para pejabat di China harus disiplin dan kompeten dalam melakukan tugasnya sebagai wakil rakyat. Jika mereka tidak benar dalam bekerja, mereka akan dianggap sebagai orang yang tidak bertanggung jawab dan akan langsung dipecat mentah-mentah.

Itulah beberapa aturan ketat yang membuat para pejabat di China ogah melakukan korupsi. Tidak akan ada senyuman bagi para koruptor di negara tersebut kecuali kengerian.(ndi)

Posting Tiga Aturan Ketat yang Bikin Pejabat China Takut Korupsi ditampilkan lebih awal di IDNews.co.id.

Baca Artikel ini melalui Gadget Anda, silahkan scan QRCode berikut ini:

Related Search

author
No Response

Leave a reply "Tiga Aturan Ketat yang Bikin Pejabat China Takut Korupsi"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.