Tidak Baik Menyimpan Roti Tawar di Kulkas, Kenapa?

DokterSehat.Com– Kulkas memang bermanfaat untuk tempat penyimpanan sayuran segar, buah, daging, dan bahan makanan yang cepat membusuk pada suhu ruangan. Selain bahan makanan yang disebutkan sebelumnya, kulkas juga kerap digunakan untuk menyimpan roti tawar.
Sebenarnya roti tawar tidak bisa atau tidak disarankan disimpan di dalam kulkas. Saat masuk kulkas, roti tawar akan cepat menjadi tidak layak makan dan berbahaya. Kenapa?

doktersehat-roti-tawar-madu

doktersehat-roti-tawar-madu

Roti Tawar di Kulkas Cepat Basi
Roti tawar yang disimpan di dalam kulkas akan memiliki tekstur kering dan tidak lembut seperti saat baru dibuka dari plastik. Roti tawar yang kering ini justru cepat berjamur dan akhirnya tidak layak makan.
Saat disimpan di dalam kulkas yang suhunya tidak sampai membuat makanan beku, proses rekristalisasi pati jadi semakin cepat. Akibatnya, roti tawar jadi lebih keras dan direkomendasikan untuk tidak dimakan karena berpotensi menyebabkan keracunan.

Kalau Anda tetap ingin menyimpan roti tawar di dalam kulkas, masukkan ke dalam freezer. Bungkus roti tawar dengan plastik atau kertas sebelum dimasukkan ke kotak pembeku. Saat Anda ingin mengonsumsinya, masukkan roti tawar ke dalam microwave agar hangat dan kembali empuk.

Cara Terbaik Menyimpan Roti
Roti adalah makanan yang tidak kuat lama. Dalam waktu 3-5 hari saja, roti bisa tidak layak makan dan akhirnya jamuran. Untuk memperpanjang usia konsumsi, beberapa roti tawar bisanya dikemas dengan penyerap kelembapan atau dicampur pengawet agar tahan hingga seminggu atau lebih.

Cara terbaik untuk menyimpan roti tawar adalah memasukkannya ke dalam wadah kedap udara atau dimasukkan ke dalam plastik yang memiliki segel. Selanjutnya, roti tawar bisa diletakkan di atas meja dengan suhu ruangan agar teksturnya tetap lembut dan tidak keras seperti saat disimpan di dalam lemari es.

Source: http://doktersehat.com/tidak-baik-menyimpan-roti-tawar-di-kulkas-kenapa/

__Posted on
January 27, 2018
__Categories
Kesehatan, Peristiwa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.