Tepatkah MA Putuskan Larangan Sepeda Motor di Thamrin?

IDNews.co.id – Peraturan Gubernur DKI Jakarta atas larangan sepeda motor melintas di Jalan MH Thamrin Jakarta dibatalkan Mahkamah Agung atau MA. Dinilai, ketentuan itu bertentangan dengan undang undang yang lebih tinggi dan diskriminatif juga tak jadi solusi atas kemacetan.

Oleh karenanya sepeda motor tak lama kembali akan kembali melintas bebas di MH Thamrin. Pelarangan sepeda motor diketahui sudah berjalan selama tiga tahun.

Hari ini, Selasa (9/1/2018) meskipun sepeda motor belum diijinkan masuk Medan Merdeka dan Thamrin tetapi mulai mendapatkan perhatian penduduk.

” Sebenarnya motor bisa lewat hanya dibatasi jamnya, public transport bila ditingkatkan kelak juga motor menyusut ya, ” kata Dedi, warga yang sedang ada di kawasan Thamrin.

Diakuinya sekian kali dalam seminggu juga berniat menggunakan sepeda saja untuk pergi bekerja.

” Kadang terasa terganggu tetapi kita sesama pengguna jalan mesti toleransi, ” kata dia kembali.

Sementara Pengamat Transportasi, Yayat Supriyatna mengatakan, yang perlu dalam situasi sekarang ini yaitu ada pengendalian transportasi di jalan dan mesti memiliki nilai program periode panjang. Oleh karenanya dia mempertanyakan masalah putusan MA.

” Dengan masalah dibatalkan ini mengapa mesti dibatalkan apakah cuma karena dianggap diskriminasi saja, ” kata Yayat.

Yayat mengatakan, pada sekarang ini jelas ada nilai lebih dalam soal kelancaran di jalan utama meskipun memang pengguna sepeda motor dapat terasa ada diskriminasi.

Dia meneruskan, Pemprov DKI karenanya dapat melakukan dua hal. Pertama segera mengaplikasikan sesuai ketentuan MA atau kedua, melakukan tuntutan balik ataupun membuat revisi ketentuan itu.

” Kita mesti melihat periode panjang masalah menggunakan kendaraan pribadi, ” kata Yayat.

Pengamat itu mengatakan, perlu untuk diketahui kalau pemakaian sepeda motor saat ini bukanlah kembali masalah kebutuhan pribadi tetapi sudah jadi kebutuhan usaha. Dengan membiarkan pemakaian sepeda motor dimana juga malah akan bikin warga makin malas jalan kaki menuju pos pemberangkatan transportasi umum.(ndi)

Posting Tepatkah MA Putuskan Larangan Sepeda Motor di Thamrin? ditampilkan lebih awal di IDNews.co.id.

Baca Artikel ini melalui Gadget Anda, silahkan scan QRCode berikut ini:

Related Search

author
No Response

Leave a reply "Tepatkah MA Putuskan Larangan Sepeda Motor di Thamrin?"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.