Tangerang Protes KRL Dikurangi Gara-gara Kereta Bandara

IDNews.co.id – Pemerintah Kota Tangerang protes kebijakan PT Kereta Api Indonesia yang mengurangi jadwal kereta rel listrik (KRL) jalur Tangerang-Duri, sebagai efek pengoperasian kereta Bandara Soekarno-Hatta.

Pemerintah Tangerang mengkuatirkan pengurangan jumlah perjalanan KRL lintas Tangerang-Duri itu bisa menyebabkan orang-orang kembali ke kendaraan pribadi, sementara mereka sampai kini memercayakan KRL. Bila itu terjadi, akan menaikkan kemacetan di sejumlah jalan utama di Tangerang.

“Kalau (KRL) dia menyusut, artinya orang akan kembali pada transportasi pribadi atau (angkutan berbasiskan aplikasi) online, hingga buat kemacetan di selama Jalan Daan Mogot, ” kata Wali Kota Arief R Wismansyah di Stasiun Bandara Soekarno-Hatta pada Selasa (2/1/2018).

Orang-orang Tangerang, kata Wali Kota, memang menyambut baik pengoperasian kereta bandara, terlebih karena fasilitas baru transportasi umum itu berhenti di Stasiun Batuceper. Orang-orang setempat juga bisa terhubung kereta itu.

Masalahnya, keberadaan kereta bandara beresiko pada pengurangan perjalanan KRL yang semula 90 perjalanan jadi cuma 73 perjalanan. Kebijakan itu di kuatirkan mengurangi juga jumlah orang-orang pengguna KRL yang sampai kini mencapai 27 ribu orang /hari, spesial lintas Tangerang-Duri saja.

Jumlah itu, menurut Wali Kota, memberikan begitu tinggi ketertarikan orang-orang pada transportasi umum KRL yang dianggap efisien dan efektif daripada mobil pribadi.

Wali Kota mengakui sudah menyampaikan keberatan itu pada PT KAI dan pemerintah pusat awal Desember 2017, demikian kereta bandara diuji-coba dan disosialisasikan kebijakan pengurangan perjalanan KRL. Tetapi Pemerintah Kota belum mendapatkan solusi yang baik sebagai kebijakan kompensasinya.

“Kami sangatlah mengharapkan pemerintah pusat dan daerah dapat duduk bersama berinovasi dan berikan solusi-solusi terkait transportasi massal yang dapat memudahkan service pada orang-orang supaya tidak mengundang efek beda, ” tutur Wali Kota. (ndi)

Posting Tangerang Protes KRL Dikurangi Gara-gara Kereta Bandara ditampilkan lebih awal di IDNews.co.id.

__Posted on
January 2, 2018
__Categories
Peristiwa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.