Tahun Baru, Menkes SIDAK Kesiapan Pelayanan Kesehatan di Tiga RS Jakarta

Jakarta, 31 Desember 2017

Menjelang malam pergantian tahun, Menteri Kesehatan Nila Moeloek melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) di kawasan Jakarta, Senin (31/12). Menkes meninjau langsung pelayanan di beberapa RS yang berada di kawasan ramai penduduk serta dekat dengan pusat perayaan malam pergantian tahun. Dalam sidaknya di beberapa RS, Menkes memastikan bahwa pelayanan rumah sakit sudah siap untuk menghadapi kemungkinan yang akan terjadi saat malam pergantian tahun.

Rumah sakit yang dikunjungi oleh Menkes antara lain, RS Premier Jatinegara, RS Budhi Asih, dan RSUD Koja. Dalam kunjungannya, Menkes mengimbau agar RS siap dengan pelayanan yang diberikan untuk mengantisipasi hal-hal yang terjadi pada malam pergantian tahun seperti kecelakaan saat bermain kembang api dan mercon.

“Sidak yang kita lakukan, tentunya kita khawatir di malam pergantian tahun 2018, takut ada yang kena petasan atau kecelakaan. Makanya kita lakukan sidak ke rumah sakit. Agar kita tahu pelayanan rumah sakit di malam tahun baru seperti apa,” ungkap Menkes Nila Moeloek di RSUD Budhi Asih, Jakarta.

Menkes juga memastikan bahwa ketersediaan ruangan dan tempat tidur di ruang IGD sudah memadai. Demikian pula dengan jumlah dokter yang berjaga juga sudah siap. Di RSUD Koja, kesiapan layanan kesehatan sudah di maksimalkan mengingat RS ini berada di daerah ramai dan dekat dengan pusat perayaan malam tahun baru.

“Ini rumah sakit daerah yang cukup besar, ruang IGD-nya juga cukup besar, bisa menampung pasiennya sebanyak 400 orang,” tambah Menkes saat meninjau layanan kesehatan yang ada di RSUD Koja.

Selain pasien kecelakaan, pasien yang berada di IGD juga berasal dari pasien dengan penyakit katastropik seperti Hipertensi, Jantung, dan Diabetes. Hal ini tentu harus diperhatikan mengingat pentingnya menjaga kesehatan tubuh saat liburan dan tetap memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi agar kondisi kesehatan tetap bisa terjaga.

Selain menyiapkan RS, Kemenkes juga telah bekerja sama dengan Kepolisian, dan Kementerian Perhubungan dalam menjaga keamanan dan kesiapsiagaan menyambut malam pergantian tahun di pos-pos penjagaan di berbagai titik di Indonesia.

Berita ini disiarkan oleh Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Halo Kemkes melalui nomor hotline (kode lokal) 1500-567,SMS 081281562620, faksimili (021) 5223002, 52921669, dan alamat email kontak@kemkes.go.id.

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat

Oscar Primadi

Posting Tahun Baru, Menkes SIDAK Kesiapan Pelayanan Kesehatan di Tiga RS Jakarta ditampilkan lebih awal di Sehat Negeriku.

Baca di link asal : Tahun Baru, Menkes SIDAK Kesiapan Pelayanan Kesehatan di Tiga RS Jakarta

__Posted on
January 2, 2018
__Categories
Peristiwa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.