Studi Sebut Tenis, Olahraga yang Bikin Panjang Umur

IDNEWS.CO.ID –¬†Olahraga apakah yang paling baik untuk bisa panjang umur? satu studi terbaru yang dipublikasi di jurnal Mayo Clinic Proceedings mungkin dapat memberi petunjuk. Menurut peneliti, tenis bisa jadi olahraga yang sangat berdampak ‘memberikan’ umur panjang.

Pemimpin studi dr Peter Schnohr mengetahuinya setelah memeriksa data 25 tahun dari 9.000 orang di Copenhagen Heart Study. dr Peter membagi data peserta ke dalam delapan kelompok yakni mereka yang olahraga tenis, badminton, sepak bola, bersepeda, renang, joging, kalistenik, serta gym setelah itu dibanding rata-rata panjang umurnya.

Diketahui bahwa orang-orang yang olahraga tenis mempunyai peningkatan angka harapan hidup paling panjang diantara kelompok lain yakni sekitar 9,7 tahun, diikuti oleh badminton 6,2 tahun, dan sepak bola 4,7 tahun. Peneliti sebelumnya sudah memperhitungkan faktor lainnya seperti kebiasaan merokok, umur, jenis kelamin, penghasilan, dan status edukasi.

Mengapa tenis memberikan manfaat peningkatan angka harapan hidup yang paling panjang? dr Peter belumlah menemukan jawaban pasti akan tetapi menurutnya kemungkinan ini terkait dengan aspek sosial yang diberikan olahraga itu.

“Para pemain tenis, mungkin mereka usai latihan menghabiskan waktu bersama minum-minum. Ya minimal olahraga ini memerlukan dua orang,” kata dr Peter seperti diambil dari ABC Australia.

Olahraga yang dilakukan bersama teman dalam beberapa studi lain memang dibuktikan dapat lebih bermanfaat. Ini karena ada kebutuhan sosial yang jadi terpenuhi membuat olahraga terasa menyenangkan serta stres terkelola dengan baik.

(fat)

The post Studi Sebut Tenis, Olahraga yang Bikin Panjang Umur appeared first on IDNews.co.id.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Baca Artikel ini melalui Gadget Anda, silahkan scan QRCode berikut ini:

Related Search

author
No Response

Leave a reply "Studi Sebut Tenis, Olahraga yang Bikin Panjang Umur"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.