Spesialis Nyolong MCB Ditangkap

IDNews.co.id – Duet penjahat, MI, 24, dan MH, 24, spesialis pencuri Miniature Circuit Breaker (MCB) alias pengaman arus lebih listrik dan alat pelindung petir (Arrester) setelah berkali-kali beraksi akhirnya berhasil dicokok polisi. Keduanya dicokok ketika beraksi sebuah kantor provider di Jalan Brigjend Katamso Slipi Jakarta Barat di saat libur tahun baru pada Senin (1/1) siang.

”Keduanya, MI dan MH merupakan spesialis pencuri komponen kelistrikan. Keduanya sudah berulang-ulang melakukan pencurian komponen listrik,” ujart Kapolsek Palmerah Kompol Armunanto di Mapolsek Palmerah, Rabu (3/1).

Dia menjelaskan, modus pelaku bermodalkan surat ijin kerja yang dicurinya keduanya lalu mengaku sebagai petugas perusahaan. ”Pelaku melintas di sekitar lokasi dan berhenti kemudian masuk menunjukkan surat ijin kerja, padahal surat itu ternyata juga hasil mencuri,” tukas dia.

Melihat sikap kedua pelaku yang meyakinkan, ditambah adanya surat ijin kerja. Saksi korban yang sedang bertugas menjaga kantor akhirnya mengijinkan pelaku masuk dan memanjat tower milik salah satu provider tersebut.

Dari keterangan pelaku yang ditangkap, pelaku MI mengaku kalau dirinya yang naik ke tower, sedangkan MH yang menunggu dibawah. Sebelum pergi meninggalkan kantor, pelaku membawa belasan unit MCB berikut 7 unit Arrester, beberapa obeng.

Namun lantaran curiga melihat berbagai komponen lintrik dikantornya diangkut, saksi langsung menghubungi Mapolsek Palmerah yang langsung direspon dengan mendatangi kantor tersebut.

Beruntung saat itu posisi kedua pelaku masih tak terlalu jauh dari kantor sehingga bisa langsung dicokok. ”Seluruh barang bukti yang terdiri dari satu tas berisi 15 unit MCB, tujuh unit Arrester, serta empat obeng sudah kami sita, termasuk surat ijin kerja palsu kami sita,” lontar Armunanto.

Kanit Reskrim Polsek Palmerah AKP Josman Harianja mengatakan kalau keduanya sudah resmi ditetapkan sebagai tersangka dan langsung ditahan. Keduanya juga masih terus diperiksa untuk pengembangan penyidikan. Kedua pelaku dijerat Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara. (ach)

Posting Spesialis Nyolong MCB Ditangkap ditampilkan lebih awal di IDNews.co.id.

__Posted on
January 3, 2018
__Categories
Peristiwa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.