Sinergitas Tiga Pilar Jombok Tangani Korban Longsor

Polres Trenggalek – Kejadian hujan yang mengguyur kawasan Pule kemarin senin ( 8/1) mengakibatkan bencana pada rumah salah satu warga dusun gading, desa Jombok yang bernama Tumilah. Dari kejadian bencana tersebut rumahnya tertimpa material longsoran yang menghantam tembok dapurnya yang berakhir ambrol, Bhabinkamtibmas Polsek Pule Polres Trenggalek dan unsur tiga pilar di desa menaruh simpati dengan melakukan kerja Bhakti bersama mengevakuasi material longsor yang sudah masuk ke dapur, Selasa ( 9/1 ).

 

 

Dengan menggunakan alat sederhana dan dilakukan secara bersama -sama, dari awal pelaksanaan kerja bhakti terlihat kekompakan antar stakeholder yang ada dikecamatan Pule. Dengan sesekali secara bergantian Bhabinkamtibmas Polsek Pule Polres Trenggalek Bripka Sarwanto mengangkat angkong yang sudah berisi material tanah untuk ditaruh ke lokasi yang disiapkan. Dan ada yang membantu menghimpun material tanah dengan cangkul sebelum di pindahkan dengan alat angkong.

 

 

Dari kejadian tanah longsor yang menimpa rumah Tumilah, penyebabnya adanya faktor alam adanya hujan deras yang menyebabkan tebing setinggi 7 M disamping rumahnya longsor. Berdasarkan prinsipnya tanah longsor akan terjadi jika gaya pendorong pada lerengĀ  lebih besar dibandingkan dengan gaya penahannya. Gaya penahan ini berkaitan dengan kepadatan tanah dan kekuatanĀ  batuan.

 

 

Sedangkan gaya pendorong berkaitan dengan besar sudut kemiringan lereng, massa jenis tanah atau batuan dan air yang meresap kedalam tanah. Akan tetapi menilik dari peristiwa longsor yang telah terjadi, maka peristiwa tanah longsor ini sangatlah terkait erat dengan kondisi geografis lingkungannya. Secara umum maka penyebab terjadinya tanah longsor adalah 2 faktor. Faktor tersebut adalah faktor alam dan faktor manusia.

 

” Kita lakukan pembersihan material tanah yang sudah masuk ke dalam dapur rumah, dengan di bantu para unsur tiga pilar desa Jombok dan juga kecamatan pule dalam kegiatan kerja Bhakti bersama, ” kata Bhabinkamtibmas Polsek Pule Polres Trenggalek Bripka Sarwanto saat berada di lokasi kegiatan.

 

Baca Artikel ini melalui Gadget Anda, silahkan scan QRCode berikut ini:

Related Search

author
No Response

Leave a reply "Sinergitas Tiga Pilar Jombok Tangani Korban Longsor"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.