Sinergitas Perbaikan Rumah Oleh Tiga Pilar Puyung

Sinergitas Perbaikan Rumah Oleh Tiga Pilar Puyung

Polres Trenggalek – Hujan yang beberapa hari yang lalu dirasakan deras warga Pule dan sekitarnya menyebabkan adanya kerusakan rumah akibat tanah didekatnya longsor, seperti terjadi di wilayah desa Puyung, Pule. Sejak kejadian yang mengakibatkan kerusakan rumah salah satu warga kemarin Senin, tindak lanjut adanya perbaikan rumah yang dilakukan unsur tiga pilar teralisasi dalam pelaksanaan, Rabu ( 10/01 ).

 

Bersama – sama unsur tiga pilarnya, Bhabinkamtibmas Polsek Pule Polres Trenggalek Aiptu Marjani, Babinsa Koramil 0806/10 Pule Serka Amin dan Kadesnya turut berkepedulian atas kerusakan bangunan salah satu warganya. Dengan secara bersama – sama warga disekitar lokasi perbaikan rumah melakukan perbaikan atap rumah yang sempat rusak karena longsor, situasi keguyub rukunan warga di pegunungan terlihat dengan dipandu oleh stakeholder tiga pilar desa Puyung.

 

” Kita laksanakan perbaikan rumah salah satu warga desa Puyung yang mengalami kerusakan akibat tanah longsor kemarin senin, yang disebabkan oleh adanya curah hujan yang deras di wilayah pule yang menyebabkan beberapa titik di jombok, puyung mengalami bencana tanah longsor. Beruntung dari beberapa kejadian longsor yang ada di pule tidak adanya korban jiwa, cuma kerugian material yang menimpa para korban longsor, ” kata Bhabinkamtibmas Polsek Pule Polres Trenggalek Aiptu Marjani saat dimintai keterangan dilokasi kegiatan.

 

Seperti yang dikabarkan kemarin, kejadian tanah longsor yang terjadi di wilayah Pule disebabkan adanya curah hujan yang deras, yang mengakibatkan perubahan tekstur tanah sebagai penyebab terjadinya longsor dapat terjadi jika air hujan secara terus menerus jatuh dan menerjang tanah, hingga menembus kebagian tanah yang kedap air (tanah yang berperan sebagai bidang gelincir) maka tanah akan menjadi licin. Tanah yang licin inilah yang nantinya akan mengalami pergerakan yang cepat menuju kebawah apabila hujan deras terjadi.

 

__Posted on
January 11, 2018
__Categories
Peristiwa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.