Sering Mimisan Saat Hamil, Berbahayakah?

DokterSehat.Com– Pernahkah Anda mengalami mimisan saat hamil? Mimisan dalam dunia medis dikenal dengan istilah epistaksis dan merupakan kondisi umum yang terjadi pada siapa saja, baik anak kecil maupun dewasa, termasuk pada wanita hamil. Mimisan adalah pendarahan yang terjadi di hidung, dapat terjadi pada salah satu atau kedua lubang hidung. Biasanya mimisan berlangsung selama beberapa detik dan ada yang mengalaminya selama lebih dari 5 menit.

doktersehat-tht-hidung-mimisan-bleeding-nosebleed

Pada ibu hamil, mimisan adalah hal yang wajar terjadi. Biasanya ibu hamil mengalami mimisan pada usia kehamilan memasuki trimester kedua dan seterusnya. Mimisan saat hamil biasanya disebabkan oleh perubahan hormon atau pelebaran pembuluh darah.

Saat hamil, pembuluh darah akan melebar, termasuk di daerah hidung. Suplai darah pun semakin meningkat tinggi sehingga menambah tekanan pada pembuluh darah yang halus. Akibatnya, saluran hidung dan saluran napas menjadi bengkak dan pembuluh darah jadi mudah pecah.

Bagi Anda yang memiliki alergi, kemungkinan besar akan mengalami mimisan jika selaput di dalam hidung kering karena cuaca dingin atau berada di ruangan ber-AC. Selain itu mimisan juga dapat disebabkan oleh trauma, tekanan darah tinggi, atau gangguan pembekuan darah.

Secara umum mimisan tidak berbahaya bagi ibu hamil. Namun jika Anda sering mengalaminya, Anda bisa menghentikan mimisan dengan cara berikut:
1. Duduk tegak dan tundukkan kepala sedikit.
2. Tekan atau cubit bagian tengah atas lubang hidung dengan jempol dan telunjuk, tahan selama 10 menit.
3. Jika mimisan masih terjadi, tutup lagi lubang hidung selama 10 menit.
4. Kompres hidung dengan es batu. Jika mimisan tidak berhenti selama 20 menit, sebaiknya segera periksakan diri Anda ke dokter.

Untuk menghindari mimisan lagi, sebaiknya hindari melakukan aktivitas berat, membuang ingus terlalu kuat, membungkuk, dan minum minuman alkohol atau minuman panas karena dapat melebarkan pembuluh darah.

Source: http://doktersehat.com/sering-mimisan-saat-hamil-berbahayakah/

Baca Artikel ini melalui Gadget Anda, silahkan scan QRCode berikut ini:

Related Search

author
No Response

Leave a reply "Sering Mimisan Saat Hamil, Berbahayakah?"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.