Selamatkan Air Tanah, Ibukota Butuh Perbanyak Sumur Resapan

IDNews.co.id – Air tanah di Jakarta menjadi perhatian serius. Bahkan, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan bersama Kepala Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) RI Rudy Suhendar membahas kondisi air tanah di Jakarta.

Rudy mengatakan, untuk memenuhi kebutuhan air bersih, masih banyak warga yang memanfaatkan air tanah dibandingkan melalui sistem perpipaan. Untuk itu, diperlukan upaya-upaya guna menyelamatkan kondisi air tanah, khususnya di Jakarta.

“Kondisi air tanah Jakarta terakhir ini, perannya masih besar. Kami ingin perizinan untuk melakukan konservasi dari pihak terkait berjalan selaras,” ujar Rudy, saat menyampaikan paparan kepada Anies, di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (25/1).

Sementara, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyadari, air tanah di Jakarta dari hari ke hari terus tersedot. Untuk itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI akan meningkatkan pengawasan terhadap kelangsungan air tanah.

“Fokus utama pembahasan kami mengenai rekomendasi teknis pengelolaan air tanah. Mudah mudahan kita bisa mencari terobosan pengelolaan air, memonitornya, hingga memanfaatkan pendapatan daerah untuk kesejahteraan warga,” tandas dia.

Beberapa waktu lalu, Wali Kota Jakarta Pusat, Mangara Pardede juga meninjau sumur resapan di sebuah hotel yang berada di Jalan Jenderal Sudirman. Setiap gedung diwajibkan untuk membuat sumur resapan, untuk menjaga ketersediaan air tanah dan mengantisipasi munculnya genangan. “Saya lihat kondisinya sangat baik. Hujan yang di atap seluruhnya tertampung di sumur resapan,” ujar Mangara.

Menurut Mangara, pihaknya telah mengirimkan surat kepada seluruh pengelola gedung di Jalan Jenderal Sudirman, Jalan MH Thamrin dan Gajah Mada. Mereka diminta segera membuat sumur resapan dengan standar yang telah ditentukan. “Untuk gedung kami syaratkan membuat sumur resapan yang dapat menampung 300 meter kubik air,” tandasnya. (ach)

Posting Selamatkan Air Tanah, Ibukota Butuh Perbanyak Sumur Resapan ditampilkan lebih awal di IDNews.co.id.

__Posted on
January 26, 2018
__Categories
Peristiwa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.