Selain Bicara, Lakukan Cara Ini Untuk Berkomunikasi Dengan Janin

DokterSehat.Com– Menjalin komunikasi dengan anak tidak harus dimulai ketika bayi baru lahir. Sejak dalam kandungan, Anda sudah bisa mengajaknya berkomunikasi. Beberapa ahli menemukan manfaat dari mengajak bayi berkomunikasi sejak dalam kandungan, di antaranya perkembangan sensorik dan kemampuan bahasa anak menjadi lebih baik.

doktersehat-keluarga-hamil-kehamilan

Mengajak bayi berkomunikasi bisa dilakukan dengan banyak cara, tak cuma dengan mengajaknya bicara. Beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mendekatkan Anda dan janin antara lain:

1. Dengan sentuhan
Sama seperti orang dewasa, bayi bisa merasa lebih tenang jika mendapat pijatan lembut. Pijat perut Anda perlahan-lahan seperti mengelusnya, sambil mengoleskan krim atau minyak untuk membantu mencegah stretch mark. Selain menjaga kulit Anda tetap halus dan kenyal, Anda juga dapat membangun ikatan batin dengan bayi Anda.

2. Berenang
Berenang bukan hanya bermanfaat bayi ibu hamil namun juga bagi janin yang sedang dikandungnya. Berenang dapat melatih otot-otot ibu yang dapat membantu saat melahirkan dan membuat ibu lebih rileks. Selain itu, berenang membuat ibu dapat merasakan apa yang dirasakan bayi saat ini, yaitu berenang di dalam air ketuban. Perasaan ini memberi kedekatan khusus antara ibu dan bayi.

3. Berendam air hangat
Berendam dalam air hangat bisa menjadi salah satu metode relaksasi yang dilakukan oleh ibu hamil. Saat berendam, Anda dapat membayangkan diri Anda menimang bayi Anda dan bicara padanya. Saat memasuki trimester kedua, Anda mungkin sudah dapat merasakan pergerakan bayi. Berikan respon pada setiap pergerakannya dan ucapkan kata-kata positif pada si kecil.

4. Menyanyi untuk bayi Anda

Pada usia kehamilan menginjak 6 bulan, pendengaran bayi Anda sudah berkembang pesat. Ia sudah bisa mendengar detak jantung Anda dan bunyi perut Anda. Ia juga sudah mulai mengenali suara-suara yang berasal dari luar rahim Anda. Sering mengajaknya bicara dapat membentuk ikatan batin antara Anda dan bayi. Selain bicara, Anda dapat menyanyikan lagu yang lembut untuknya untuk merangsang pendengarannya.

5. Ajak pasangan Anda melakukan hal yang sama
Anda yang sedang mengandung tentu saja punya ikatan khusus antara ibu dan bayi. Namun berikan kesempatan pada pasangan Anda untuk berbicara, mengelus, memijat, dan menyanyikan lagu untuk bayi Anda. Bantu pasangan Anda untuk merasakan gerakan bayi saat bayi mulai menendang atau bergerak. Hal ini bukan hanya membantu meningkatkan ikatan batin Anda, suami dan anak namun juga membantu meningkatkan keharmonisan keluarga.

Source: http://doktersehat.com/selain-bicara-lakukan-cara-ini-untuk-berkomunikasi-dengan-janin/

Baca Artikel ini melalui Gadget Anda, silahkan scan QRCode berikut ini:

Related Search

author
No Response

Leave a reply "Selain Bicara, Lakukan Cara Ini Untuk Berkomunikasi Dengan Janin"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.