Rusmiatin : Pasar Ramadhan Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

Ponorogo, Panjinasional.net – KABAR DESA, Suasana berbeda kali ini di Desa Dadapan, Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo selain dalam suasana pandemi Covid-19 yang mulai membaik kehadiran pasar ramadhan menjadi daya tarik desa.

Pasar Ramadhan Desa Dadapan, pasar kreatif desa  yang berlangsung selama bulan Ramadhan 1442 H diusung oleh  Pemerintah Desa dan warga Dadapan untuk menggerakan roda ekonomi masyarakat.

Selain itu pasar ramadhan ini diyakini mampu menjadi salah satu ikon pendapatan daerah guna menunjang cita-cita desa yang mandiri.

Latar belakang digelarnya Pasar Ramadhan di Desa Dadapan Kecamatan Balong berdasarkan Surat Edaran dari Bupati Ponorogo Sugiri Sancono guna peningkatan pendapatan daerah, perlu diadakan Pasar Ramadhan Kreatif.

Hal itu diungkapkan Kepala Desa Dadapan Rusmiatin kepada awak media, 21/ 04/ 2021. Dia juga menjelaskan, semua penjual diambilkan dari warga setempat, dengan harapan untuk meningkatkan ekonomi warga sekitar. “Harapannya, dengan digelarnya pasar ramadhan ada hasil yang terukur untuk kedepannya, yakni menuju desa mandiri,” ungkapnya.

Pasar ramadhan desa Dadapan tahun 2021 yang digelar mengedepankan protokol kesehatan. Pedagang dan pengunjung,  telah dipola panitia sedemikian rupa agar tetap aman, tertib, sehat dan tidak menimbulkan kerumunanan.

“Kami bersama panitia sudah mempersiapkan ini semua dengan baik. Pasar ramadhan Desa Dadapan buka setiap sore. Kami melihat momentum ramadhan ini banyak masyarakat yang berburu takjil dan makanan buka puasa lainnya. Selain dari pada itu kami fasilitasi tempat dan menerapkan prokes,” tutur Kades Dadapan.

Lebih lanjut beliau menyampaikan kegiatan pasar ramadhan desa Dadapan itu sendiri dimaksudkan untuk mendorong dan membuka peluang usaha  masyarakat guna meningkatkan sektor ekonomi usaha desa.

“Pasar ramadhan desa Dadapan adalah salah satu bentuk kepedulian kami selaku pemerintah desa untuk membangkitkan ekonomi masyarakat,” jelas Rusmiatin kepala desa Dadapan. ( Jurnalis Ujang RI87)

Artikel ini telah tayang di panjinasional.net

__Posted on
April 22, 2021
__Categories
Peristiwa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.