Rokok Dianggap Lebih Berbahaya bagi Wanita Ketimbang Pria

IDNews.co.id – Rokok sama berbahayanya untuk pria ataupun wanita. Tapi, pada wanita rokok dapat dua kali lebih beresiko dibanding pada pria. Bahkan kenyataan ini sudah sempat disibakkan pengamatan sejak tahun 2011.

Tersebut ini yaitu sejumlah efek beresiko dari rokok untuk wanita seperti dilansir dari laman Times of India.

Dua kali lipat risiko kanker paru

Menurut sebuah studi yang dilakukan di Amerika Serikat, seorang wanita yang merokok sesuai sama pasangannya, memiliki kesempatan dua kali menderita kanker paru. Penyebabnya yaitu badan pria dan wanita bereaksi berlainan kepada karsinogen didalam rokok. Bila pria dapat keluarkan sebagian karsinogen melalui urin, tapi badan wanita merubahnya jadi senyawa karsinogenik.

Meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular

Sebuah studi yang diterbitkan di Lancet mengatakan kalau wanita yang merokok seperti kawan prianya, akan hadapi 25 persen resiko lebih tinggi menderita penyakit jantung koroner dibanding pria. Diluar itu, resiko penyakit jantung juga bertambah semakin besar setiap tahun pada wanita dibanding pada pria, jika mereka senantiasa merokok.

Efek buruk lebih besar pada pembuluh darah

Studi yang lain yang dilakukan di Eropa juga menemukan kalau saat wanita dan pria terkena paparan tembakau dalam jumlah yang sama, ketebalan dinding pembuluh darah kepala wanita terkena efek lima kali lebih jelek dibanding pria.

Risiko saat melahirkan

Merokok sanggup buat wanita berisiko tinggi mengalami ketidaksuburan dan masalah dalam memiliki keturunan. Jika mereka merokok saat hamil, resiko lahir prematur, bayi meninggal saat dilahirkan, dan kematian bayi baru lahir akan bertambah.

Selain itu, merokok juga menimbulkan penurunan jumlah ASI. Meskipun merokok juga berefek negatif pada kesuburan pria, resikonya lebih tinggi pada wanita karena dialah yang memiliki kandungan anak. (ndi)

Posting Rokok Dianggap Lebih Berbahaya bagi Wanita Ketimbang Pria ditampilkan lebih awal di IDNews.co.id.

Baca Artikel ini melalui Gadget Anda, silahkan scan QRCode berikut ini:

Related Search

author
No Response

Leave a reply "Rokok Dianggap Lebih Berbahaya bagi Wanita Ketimbang Pria"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.