Ribuan ASN Terlambat Masuk Kerja

IDNews.co.id – Usai libur Tahun Baru, jumlah PNS di lingkungan Pemerintah Propinsi DKI Jakarta yang belum hadir hingga pukul 09.00 WIB mencapai 6.055 pegawai. Padahal, jam masuk kerja pegawai seperti biasa pukul 07.30 WIB.

“Belum semua data sepenuhnya masuk, karena tadi ada gangguan listrik. Kemungkinan bisa bertambah bertambah atau berkurang. Kalau guru kan sedang libur,” kata Kepala Pengendalian Pegawai Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemprov DKI Sulityowati, di Balai Kota Jakarta, Selasa (2/1/18).

BKD mengaku, belum mengetahui apakah ribuan PNS itu semuanya bolos atau telat datang. Sebab, sistem absensi Pemprov DKI sempat tidak merekam karena ada gangguan listrik.
Namun demikian, Sulityowati mengatakan, rekap absensi secara manual tetap dilakukan BKD.

“Kami belum memeriksa SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) mana yang paling banyak, masih dilakukan secara manual tadi,” jelas Sulityowati.

Menurutnya, ada konsekuensi yang akan diterima PNS jika terbukti bolos atau telat pada hari pertama masuk kerja pascalibur panjang Tahun Baru, merujuk Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil.

Sanksi bisa berupa pemotongan tunjangan, menunda kenaikan pangkat hingga pemecatan.

Sulityowati mengatakan, bagi PNS yang tidak hadir tanpa keterangan, telat maupun pulang cepat akan diakumulasikan dalam rekap kedisiplinan absensi di BKD. Selanjutnya, BKD akan menirimkan Surat Keputusan (SK).

“Kalau sudah lima hari akan ada pemotongan TKD (tunjangan kinerja daerah) selama satu bula. Kemudian jika sudah sampai 46 hari dalam setahun, baik tidak masuk kerja maupun terlambat dan pulang cepat, itu bisa diberhentikan dengan hormat sebagai PNS,” pungkas Sulityowati.

Seperti diketahui sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno memperingatkan PNS Pemprov DKI untuk masuk seperti biasa pada hari ini. Bagi PNS yang tetap nekat akan ada sanksi.

“Itu tegas, mereka harus ada di sini dan tanggal dua saya akan datang, saya cek ke tempat mereka,” kata Sandi. (pas)

Posting Ribuan ASN Terlambat Masuk Kerja ditampilkan lebih awal di IDNews.co.id.

__Posted on
January 2, 2018
__Categories
Peristiwa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.