Rencana Kerja 5 Tahun ke Depan Gubernur DKI

IDNews.co.id – Pembangunan ibu kota dapat mendorong terwujudnya kota global yang terbuka untuk perubahan dan kemajuan dunia. Melalui kegiatan rembuk RW 2018, maka hasilnya akan menjadi kerangka penyusunan Rancana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Pemprov DKI Jakarta di tahun 2019.

“Pembangunan bisa mendorong Jakarta menjadi kota global yang terbuka pada perubahan dan kemajuan dunia tanpa mengesampingkan kelestarian lingkungan,” harap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan usai meresmikan kegiatan rembuk RW 2018, Kamis (11/1).

Selain itu, rembuk RW 2018 perlu dimanfaatkan semaksimal mungkin. Karena itu, Anies meminta kepada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dan struktur pemerintah di wilayah merumuskan prioritas pembangunan di masing-masing RW.

Sehingga menu pembangunan yang ditampilkan dapat lebih fokus pada prioritas persoalan strategis dan sesuai kebutuhan masing-masing RW.

“Misinya sudah jelas hanya strategi yang mau saya tegaskan. Ini bagian dari rencana kita, agar pembangunan di 2019 lebih baik,” kata dia.

Kemudian kemampuan aplikasi, Anies pinta, agar ditingkatkan sehingga proses pembangunan lebih transparan. Pendanaan pembangunan juga bisa melibatkan CSR. Ke depan, sebagian pendanaan pembangunan sebagian bisa melalui CSR dan APBD.

Strategi pembangunan dia harapkan berlandaskan keadilan dan keberpihakan mempertimbangkan prespektif yang tergolong lemah. Seperti pada kaum disabilitas, perempuan dan anak-anak.

Proses rembuk RW ini, bisa menjadi ajang untuk meningkatkan interaksi sosial warga masyarakat. Menurut Anies, interaksi sosial akan memperkuat modal sosial sehingga tumbuh kepercayaan sosial yang tinggi serta bermuara pada low cost interaction.

“Kalau rembuk warga dipakai merekatkan warga maka masalah yang muncul di kampung bisa segera diselesaikan. Saya harap RW dan fasilitator mendorong,” tukas dia. (fat)

Posting Rencana Kerja 5 Tahun ke Depan Gubernur DKI ditampilkan lebih awal di IDNews.co.id.

__Posted on
January 11, 2018
__Categories
Peristiwa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.