Ramai-Ramai Konglomerat Investasi di Data Center, Ada Apa?

Setiap harinya, lebih dari 30.000 startup enthusiast mendapat insight terkini seputar startup dan teknologi lewat newsletter kami. Kamu juga bisa berlangganan gratis sekarang.


Tanggal 31 Mei 2021 lalu, konglomerat Indonesia Anthoni Salim menambah kepemilikan sahamnya di PT DCI Indonesia (DCII) yang notabene adalah perusahaan penyedia layanan pusat data.  Nilai transaksinya mencapai Rp1,01 triliun. Bukan main.

Hal ini menarik, karena grup Djarum dan Lippo masing-masing juga investasi ke layanan data center. Fenomena apa ini?

Selain pembahasan terkait konglomerat dan pusat data, ada juga beberapa kisah menarik lainnya, seperti:

  • Layanan Gojek dan Tokopedia yang tumpang tindih pascamerger,
  • ShopeeFood yang mulai rambah pasar luar Jabodetabek, serta
  • Berbagai berita menarik lainnya yang bisa kamu baca di Tech in Asia Indonesia hari ini. 

By the way, kita lagi ada survei kepuasan pembaca newsletter nih. Kalau kamu ada waktu lima menit, boleh bantu isi survei ini? Makasih banyak!

NEWS HIGHLIGHT

Ada apa dengan konglomerat Indonesia dan data center?

Data center memang merupakan salah satu bisnis yang makin subur selama pandemi COVID-19. DCII mengaku pendapatannya tumbuh sebesar 55 persen, dan laba bersihnya naik 71 persen selama 2020 lalu. Tidak heran, banyak pihak yang melirik bisnis yang cukup “seksi” ini. 

  • Bakal tumbuh pesat di masa depan: Riset dari Structure Research memperkirakan pertumbuhan pasar data center di Indonesia bakal ada di angka 22,3 persen per tahun. Pusat data yang bakal dibangun di Jakarta diprediksi bakal mencapai 198,5 MW di tahun 2025.
  • Dibelakangi perusahaan teknologi dunia: Selain konglomerat Indonesia, Microsoft juga baru-baru ini mengumumkan rencana investasi data center di Indonesia, mengikuti langkah AWS, Alibaba, dan Google.

Baca selengkapnya di sini.

ARTIKEL PREMIUM PILIHAN

Setiap bulannya pemilik akun gratis Tech in Asia Indonesia berkesempatan untuk membaca satu artikel premium pilihan kami. Baca gratis artikel di bawah atau lihat artikel premium lainnya.

__Posted on
June 8, 2021
__Categories
Peristiwa, Start Up

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.