Qoala Mengakuisisi Startup Insurtech Asal Thailand, FairDee

Startup insurtech Qoala melanjutkan ekspansi ke Asia Tenggara dengan mengakuisisi startup serupa yang berbasis di Thailand, FairDee. Tidak disebutkan berapa nilai transaksi dalam aksi korporasi tersebut.

Dalam pengumumannya, pihak Qoala menyatakan bahwa langkah ini bertujuan untuk mengakselerasi skalabilitas dan inovasi teknologi di seluruh bisnis mereka.

“Dengan akuisisi ini, kami mengambil lompatan besar dalam ambisi kami menjadi insurtech nomor satu di Asia Tenggara. Mengingat kesamaan visi dan keahlian dengan tim FairDee, kami yakin dapat terus melayani jutaan masyarakat yang belum tersentuh layanan asuransi di wilayah ini,” jelas Harshet Lunani, founder dan CEO Qoala.

Senada dengan Harshet Lunani, CEO dan co-founder FairDee Yujun Chean mengatakan bahwa perusahaannya memiliki ambisi untuk memberikan pengalaman membeli asuransi terbaik bagi para penggunanya.

“Menjadi bagian dari Qoala akan sangat mempercepat proses menuju visi tersebut. Bersama mereka, kami sangat bersemangat untuk menghadirkan banyak inovasi di Thailand dan sekitarnya,” ujar Chean.

Qoala pertama kali diluncurkan pada tahun 2018, dan berhasil mengikuti program akselerator Surge yang diselenggarakan oleh Sequoia Capital pada tahun 2020. Mereka kini telah bekerja sama dengan beberapa perusahaan, seperti Allianz, Zurich, Oyo, Traveloka, Ovo, dan Dana. 

Startup yang didirikan oleh Harshet Lunani dan Tommy Martin ini mengklaim sudah memproses lebih dari dua juta polis per bulannya, yang mencakup berbagai sektor seperti asuransi kendaraan, kesehatan, properti, fintech, hingga tunjangan karyawan.

Pada April 2020, Qoala berhasil menghimpun pendanaan sebesar US$13,5 juta (sekitar Rp207 miliar) dalam putaran pendanaan Seri A yang dipimpin oleh perusahaan patungan Telkom Indonesia dengan KB Financial Group Korea Selatan, Centauri Fund.

Sementara FairDee, yang memulai operasinya di Thailand pada tahun 2019, menawarkan layanan yang memungkinkan para broker untuk meningkatkan produktivitas serta mengakses lebih banyak produk asuransi.

(Diedit oleh Aditya Hadi Pratama)

Artikel ini telah tayang di id.techinasia.com

__Posted on
March 24, 2021
__Categories
Peristiwa, Start Up

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.