Puluhan Ribu Akun Fiktif Pemohon Paspor Dibersihkan

IDNews.co.id – Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia menemukan ada beberapa puluh ribu pemohon pembuatan paspor online ilegal. Kebanyakan, mereka yaitu pemohon fiktif.

” Jadi, ada beberapa orang yang mendaftar dengan fiktif, ada 72 (ribu), ” kata Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly di kantornya, Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (13/1/2018).

Yasonna mencurigai kalau oknum itu berniat menginginkan menggangu sistim pendaftaran pembuatan paspor dengan online. Hal tersebut, pastinya beresiko pada sistim aplikasi antrean paspor, hingga mengganggu warga yang akan memajukan permintaan online.

” Kita sudah dibikin bersih (72 ribu data fiktif) ” katanya.

Untuk itu, Kementerian Hukum dan HAM akan melakukan koordinasi dengan Badan Intelijen Negara dan Lembaga Sandi Negara untuk menyelidiki, hingga tidak ada sekali lagi yang dapat bertindak manipulasi pendaftaran paspor fiktif.

Berdasarkan data Ditjen Imigrasi tahun 2017, permintaan paspor mencapai 3. 093. 000, bertambah jika dibanding 2016, yang mencapai 3. 032. 000, dan pada 2015, yang mencapai 2. 878. 099.

Menurut Kepala Sisi Humas dan Umum Direktorat Jenderal Imigrasi Agung Sampurno, terkait meningkatnya permintaan dan apresiasi warga yaitu dengan memberikan keringanan dalam pergantian paspor, yakni dengan menyederhanakan beberapa syarat jadi cukup membawa e-KTP dan paspor lama saja

Ditjen Imigrasi juga menaikkan tempat service tidak cuman di 125 Kantor Imigrasi, service paspor juga diberi di 10 Unit Layanan Paspor (ULP), 16 Layanan Terpadu Satu Pintu (LTSP), tiga Unit Kerja Keimigrasian (UKK) dan dua Mall Service Publik (MPP).

Selanjutnya, Ditjeni juga menaikkan kuota setiap kantor imigrasi supaya bisa semakin banyak melayani warga, dan memberikan service pada Sabtu dan Minggu, sejak Desember 2017 sampai Januari 2018. (ndi)

Posting Puluhan Ribu Akun Fiktif Pemohon Paspor Dibersihkan ditampilkan lebih awal di IDNews.co.id.

__Posted on
January 14, 2018
__Categories
Peristiwa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.