Proyek Tol Depok-Antasari Dipastikan Selesai Sesuai Jadwal

IDNews.co.id – Sebanyak enam balok atau girder dengan panjang masing-masing 30, 8 meter proyek jalan tol Depok-Antasari ambruk kemarin, Selasa 2 Januari 2018. Girder itu diduga ambruk karena tersenggol ekskavator yang sedang menggali tanah.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, pihaknya belum ketahui dengan detil apa sebagai masalah konstruksi itu hingga terjadi kecelakaan.

” Itu kami saat itu masih rapat, jadi kami belum bisa informasinya (detil). Bila saya tengok itu tetap masih April atau Juni akan dapat. Jadi tidak merubah schedule, ” kata Basuki didapati di kantor Kementerian BUMN, Jakarta.

Dia mengatakan, pihaknya udah bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Bina Marga, Komisi Keamanan Jembatan, para ahli, dan pelaksana atau kontraktor proyek itu tentang insiden itu. Hal ini juga jadi bahan pelajari untuk pihaknya untuk melakukan perbaikan Standard Operasional Prosedur (SOP).

” Jadi girder yang diangkat itu dapat macam-macam. Jadi ada yang dikalungi, ada yang diangkat dari atas, jadi saya sangka ada sedikit masalah tehnis. Saat ini diperbaiki SOP-nya. Jadi itu ada masalah tehnis dan manajerial, ” kata Basuki.

Perbaikan SOP dan tehnis konstruksi akan jadi konsentrasi untuk pihaknya untuk jadi pedoman pembangunan semua jalan tol Indonesia. Sebab, sambung dia, pemasangan girder masih akan begitu banyak dilakukan untuk proyek-proyek mirip di semua Indonesia.

” Karena banyak yang akan dipasang di Trans Jawa ini. Ada sekitar 120 girder yang akan dipasang, ” tutur dia.

Ia juga menolak insiden ambruknya girder, karena pembangunan yang sangat dikebut. Dia punya komitmen segera melakukan perbaikan SOP dalam pembangunan jalan tol ataupun jembatan.

” (Perbaikan SOP itu) Bagaimana cara mengangkat girder, kan macam-macam itu SOP nya, ada yang gunakan kalung, bila dikalungin kan dia goyang, nah saat ini ada yang diberi anting-anting di atasnya, diangkat gitu, ” papar dia. (ndi)

Posting Proyek Tol Depok-Antasari Dipastikan Selesai Sesuai Jadwal ditampilkan lebih awal di IDNews.co.id.

__Posted on
January 3, 2018
__Categories
Peristiwa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.