Politisi Minta Pemerintah Gencar Operasi Pasar

IDNews.co.id – Anggota Komisi IV DPR RI Ibnu Multazam memintah pemerintah untuk gencar melakukan operasi pasar, guna menekan lonjakan kenaikan harga beras yang telah mencapai titik tertinggi di awal tahun 2018 ini.

“Mestinya pedagang tidak boleh menjual beras melampaui harga eceran tertinggi, tetapi kalau faktanya dipasar seperti ini, maka obatnya itu adalah operasi pasar,” ungkap politisi F-PKB itu di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (9/01/2018).

Lebih lanjut, Ibnu menyebutkan bahwa kenaikan harga beras di sejumlah daerah mengikuti peningkatan harga gabah. Menurutnya, di satu sisi kenaikan harga gabah sebenarnya membawa keuntungan bagi petani, meskipun di sisi lain banyak konsumen yang mengeluh karena adanya disparitas harga.

“Di lain pihak, Bulog tidak bisa melakukan penyerapan beras secara maksimal dari petani, padahal saat ini musim panen yang tentunya harga beras seharusnya normal. Tapi kan awal tahun ada sedikit anomali sehingga cenderung naik, karenanya pemerintah harus mengambil langkah cepat untuk melakukan operasi pasar,” tandas politisi asal dapil Jawa Timur itu.

Sebagaimana diketahui, kenaikan harga beras perlahan sudah terjadi sejak November 2017.  Harga komoditas beras di pasaran mulai mengalami kenaikan, dari Rp 9.500 hingga kini mendekati angka Rp 12.000 per kilogram. (par/fat)

Posting Politisi Minta Pemerintah Gencar Operasi Pasar ditampilkan lebih awal di IDNews.co.id.

Baca Artikel ini melalui Gadget Anda, silahkan scan QRCode berikut ini:

Related Search

author
No Response

Leave a reply "Politisi Minta Pemerintah Gencar Operasi Pasar"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.