Politisi Belum Kaitkan Kasus Sumber Waras dengan Perceraian Ahok

IDNews.co.id – Gugatan cerai mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), terhadap Veronica Tan cukup menggemparkan. Banyak yang tidak percaya, karena melihat hubungan Ahok dan Veronica selama ini selalu mesra dan kompak, namun kenyataannya kabar tersebut benar adanya karena telah terkonfirmasi melalui kuasa hukum Ahok Josefina Agatha Syukur.

Sejumlah spekulasi pun bermunculan, mengenai penyebab perceraian itu. Ada yang menyebut karena hadirnya orang ketiga, ada juga yang menduga karena terkait dengan kembali diangkatnya kasus hukum Ahok, dalam pembelian lahan Rumah Sakit Sumber Waras (RSSW), beberapa waktu terakhir.

“Bisa saja ada kaitannya antara perceraian Pak Ahok dengan kasus lahan Sumber Waras yang kembali diangkat. Namun saya menduga bukan karena kasus itu. Saya juga belum melihat ke arah sana,” ujar Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Mohamad Taufik, Senin (8/1).

Taufik yang selama ini dikenal sebagai salah satu politisi yang selalu berseberangan dengan Ahok tersebut, mengaku sampai saat ini sama sekali belum menemukan keterkaitan antara cerainya Ahok dengan kasus Sumber Waras.

Jika ada yang menyebut, bahwa Ahok menceraikam istrinya supaya harta gono-gininya bisa diselamatkan, apalagi saat ini posisi Ahok rawan terseret kasus Sumber Waras, Taufik menilai dugaan itu kurang tepat. Sebab dalam kasus hukum, harta yang akan diusut adalah harta yang didapat saat yang bersangkutan melakukan pelanggaran.

“Jadi walaupun harta tersebut sudah dibawa mantan istrinya, seandainya nanti Ahok jadi bercerai, penegak hukum akan tetap mengejarnya. Saya tidak setuju dengan pendapat bahwa Ahok bercerai karena ingin menyelamatkan hartanya. Saya juga tidak tahu apa penyebabnya Pak Ahok bercerai, tapi saya meyakini bukan karena masalah harta. Mari kita doakan saja persoalan beliau cepat selesai,” tutur Taufik.

Namun, terkait kasus lahan Sumber Waras, Taufik secara tegas minta untuk dituntaskan. Pihak DPRD DKI Jakarta, lanjut dia sejauh ini juga sangat mendukung langkah Pemprov DKI, untuk membatalkan pembelian lahan tersebut.

Taufik juga mendorong, penyelesaian Sumber Waras dilakukan melalui hukum yang berlaku. “Kami adalah pihak yang dari awal menentang pembelian lahan Rumah Sakit Sumber Waras.

Jika sekarang Pemprov DKI akan membatalkan pembelian dan meminta kembali kelebihan bayar dan kerugian sebesar Rp 191 miliar dari kasus itu, kami sangat mendukung langkah itu,” tegas Taufik.

Wakil Gubernur DKI  Jakarta Sandiaga Uno, mengatakan satu-satunya cara untuk menyelesaikan sengketa lahan Rumah Sakit Sumber Waras melalui ranah pengadilan. Sebab, sengketa itu tidak bisa hanya diatasi oleh Badan Arbitrase Nasional Indonesia (BSNI).

“Nah, ternyata di klausul perjanjian jual belinya enggak ada klausul penyelesaian mengenai arbitrase. Jadi penyelesaiannya melalui pengadilan,” kata Sandi.

Pemprov DKI, kata Sandiaga, sudah berusaha meminta Yayasan Kesehatan Sumber Waras (YKSW) sebesar Rp 191 miliar. Namun YKSW tak kunjung menyelesaikan kewajibannya.

“Sumber Waras kita berusaha sekuat tenaga untuk mencoba meyakinkan bersama kepala dinas, pihak yayasan untuk mengembalikan kerugian negara Rp 191 miliar tapi kami hanya doa berharap tapi kami mengusahakan mereka posisinya sudah final,” ujarnya.

“Jadi langkah satu-satunya untuk memastikan tidak terjadinya kerugian negara adalah melakukan pembatalan,” ucapnya.

Hingga kini pembatalan itu tengah proses oleh biro hukum Pemprov DKI. Dalam proses tersebut juga dilibatkan komite pemberantasan korupsi. “Dan pembatalan itu sedang di proses oleh biro hukum,” jelasnya.

Kuasa hukum Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) memastikan kliennya telah melayangkan gugatan cerai terhadap istrinya Veronica Tan. Mengenai alasan Ahok melayangkan gugatan cerai, kuasa hukum dari Law Firm Fifi Lety Indra & Partners Josefina tak mau berbicara banyak.

“Benar bahwa Pak Ahok telah melayangkan gugatan cerai terhadap Ibu Veronica. Itu benar adanya. Nomor perkaranya 10/Pdt.G/2018 tanggal 5 Januari 2018,” kata Josefina.

Namun demikian, Jofina sendiri menjelaskan mengapa terpidan kasus penodaan agama, menggugat cerai istrinya. Ia mengatakan, kasus perceraian merupakan masalah pribadi, sidang pengadila rencana akan tertutup.

Ahok sendiri kini masih mendekam di tahanan Mako Brimob dalam kasus penodaan agama dengan hukuman 2 tahun penjara. (ach)

Posting Politisi Belum Kaitkan Kasus Sumber Waras dengan Perceraian Ahok ditampilkan lebih awal di IDNews.co.id.

__Posted on
January 8, 2018
__Categories
Peristiwa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.