Perut Kram Meski Tidak Sedang Haid? Bisa Jadi karena Ini

DokterSehat.Com– Bagi kaum hawa, kram perut biasanya identik dengan masa menstruasi. Namun, kadangkala kram perut muncul meskipun kita tidak sedang dalam fase haid. Apa penyebab dari kram perut ini?

flatulens perut kembung-doktersehat

flatulens perut kembung-doktersehat

Terganggunya saluran pencernaan
Kram perut yang muncul di luar fase haid seringkali disebabkan oleh terjadinya iritasi atau pembengkakan pada saluran pencernaan. Cek kondisi buang air besar atau tubuh secara keseluruhan. Jika mengalami diare, susah buang air besar, adanya darah pada kotoran, demam, hingga menurunnya berat badan, ada baiknya segera memeriksakan kondisi ini ke dokter.

Tubuh mengalami ovulasi
Kram perut yang muncul 10 hingga 14 hari sebelum datangnya tamu bulanan menandakan bahwa tubuh sedang mengalami ovulasi, kondisi dimana rahim melepas sel telur dan siap untuk mendapatkan pembuahan atau kehamilan.

Adanya kista
Jika tubuh memiliki kista dan pecah, maka hal ini akan menyebabkan kram perut yang biasanya disertai dengan munculnya bercak darah.

Endometriosis
Selain kista, kram perut yang sangat hebat juga menandakan adanya masalah yang disebut sebagai endometriosis, kondisi dimana muncul jaringan rahim di luar rahim yang bisa memicu nyeri perut yang luar biasa dan menjalar hingga ke punggung.

Usus buntu
Kram perut juga bisa disebabkan oleh peradangan usus buntu. Biasanya, rasa nyeri yang muncul berada di bagian kanan bawah perut. Penyakit ini patut untuk diwaspadai dan biasanya diobati dengan prosedur operasi.

Kanker rahim
Kanker rahim memiliki gejala berupa perut yang terus membuncit, sering buang air kecil, dan datangnya kram perut dengan rasa yang luar biasa meski tidak sedang dalam fase haid.

Untuk mengetahui apa penyebab pasti dari kram perut yang muncul, segera periksakan kondisi kesehatan ke dokter dan mendapatkan solusi atau saran yang tepat.

Source: http://doktersehat.com/perut-kram-meski-tidak-sedang-haid-bisa-jadi-karena-ini/

__Posted on
January 15, 2018
__Categories
Kesehatan, Peristiwa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.