Personel Polsek Pule Cek Lokasi Informasi Kejadian Tanah Longsor

Polres Trenggalek –  Penyebab pertama seringnya terjadi longsor adalah tingginya curah hujan. Tanah yang kering pada musim kemarau mempunyai banyak pori- pori atau rongga tanah. Rongga- rongga tanah tersebut akan membentuk retakan pada tanah. Ketika musim penghujatn, air hujan akan memenuhi rongga tanah dan menyebabkan terjadinya pergeseran tanah. Jika tanah bergeser terus menerus maka akan terjadi longsor. Seperti kejadian tanah longsor yang menutup jalur akses masuk Ponpes Hidayatulloh Jombok yang terjadi kamis sore ( 4/1 ) kemarin.

Hujan yang mengguyur wilayah Polsek Pule Polres Trenggalek yang terjadi kemarin sore, menyebabkan tanah pada gampeng jalan menuju Ponpes Hidayatulloh ambrol turun kejalan. Sehingga akses menuju madrasah yang berada di Ponpes Hidayatulloh sampai malam ini personel Polsek Pule Polres Trenggalek saat dicek kelokasi masih menutupi jalan. Personel Polsek Pule Polres Trenggalek yang datang ke lokasi longsor Aiptu Marjani, Aiptu Subagyo, SH dan Bripka Arif Tri Wahyanto, SH dalam pengecekan Jum’at ( 5/1 ).

” Piket telah melakukan cek bencana alam yang berlokasi di area  ponpes Hidayatulloh, Rt. 36, Rw. 10, Desa Jombok tanah  longsor menutup akses jalan belakang asrama nusantara menuju Madrasah Aliyah, kerusakan bangunan nihil dan adanya korban jiwa nihil. Dari tadi siang sudah dilakukan evakuasi tanah yang lonsor oleh beberapa santri Ponpes Hidayatulloh, namun belum bisa membuka sepenuhnya jalan menuju madrasah, ” kata personel Polsek Pule Polres Trenggalek Aiptu Marjani saat dilokasi kegiatan pengecekan.

Menurut situs terpercaya, Pengertian longsor menurut Crude (1991) yaitu suatu kejadian atau peristiwa geologi yang disebabkan oleh pergerakan massa batuan, tanah atau puing- puing yang menuruni suatu lereng. Sedangkan Vernes (1978) mengartikan longsor sebagai pergerakan material ke bawah dan ke luar lereng karena pengaruh dari gravitasi. Longsor yang lebih dikenal dengan tanah longsor (landslide) juga dapat didefinisikan sebagai perpindahan massa berbagai jenis batuan atau tanah yang tidak membutuhkan media berpindah seperti air atau udara.

Baca Artikel ini melalui Gadget Anda, silahkan scan QRCode berikut ini:

Related Search

author
No Response

Leave a reply "Personel Polsek Pule Cek Lokasi Informasi Kejadian Tanah Longsor"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.