Perlunya Safety Riding Bagi Pengendara Kendaraan

Perlunya Safety Riding Bagi Pengendara Kendaraan

Polres Trenggalek – ” Secara umum yang dimaksud dengan safety riding merupakan pengamanan dan keselamatan berkendara. Jadi, Safety Riding adalah perilaku berkendara yang secara ideal harus memiliki tingkat keamanan yang cukup bagi diri sendiri maupun orang lain, ” kata – kata yang disampaikan Kanit Binmas Polsek Pule Polres Trenggalek Aiptu Santoso, SH dalam sambutanya di acara mobil Panther, Pick Up, Makaryo Community ( Papimaco) dilapangan terminal pasar legi, desa Tanggaran, Minggu
( 7/1 ).

 

Dalam penerapan safeti riding yang perlu diperhatikan adalah Kelengkapan kendaraan bermotor standard. Sedangkan Kaca spion harus ada 2 buah di kiri dan kanan, tidak dibenarkanya adanya sepeda motor yang tanpa adanya spion karena akan berakibat fatal. Dengan kondisi Lampu depan, lampu rem, riting kiri-kanan, klakson yang berfungsi dengan baik dalam berkendara akan enak . STNK dan SIM selalu siap atau tidak expired begitu Plat Nomor depan belakang harus terpasang agar lebih mudah dalam identifikasi kendaraan di Jalan.

 

Selain itu disampaikan juga dari Kanit Binmas Polsek Pule Polres Trenggalek dalam penggunaan sarung tangan , sebaiknya mempunyai susunan yang bisa menutupi kedua belah tangan dan bahan yang bisa menyerap keringat dan tidak licin saat memegang grip/handle motor. disarankan yang ada pelindung kerasnya atau hard protector, berlaku untuk rider dan penumpang.

 

 

Penggunaan jaket sebaiknya dapat membuat perlindungan semua bagian badan baik dari terpaan angin ataupun efek negatif saat terjadi benturan baik kecil ataupun besar. Diluar itu usahakan untuk memakai jaket yang berwarna cerah atau jelas, hal semacam ini untuk membuat pandangan pengemudi kendaraan lain menjadi fokus pada keberadaan kita khususnya jika kita berkendara di malam hari.

 

 

Rider ( pengendara sepeda motor) dianjurkan memakai pelindung kepala berupa helm baiknya dapat memberi proteksi lebih pada kepala. Seperti uang telah diatur dalam norma hukum lalu lintas uang isinya setiap orang yang mengemudikan sepeda motor dan penumpang Sepeda motor wajib mengenakan helm yang memenuhi standar nasional indonesia, penjelasan Kanit Binmas Polsek Pule Polres Trenggalek Aiptu Santoso, SH.

 

__Posted on
January 7, 2018
__Categories
Peristiwa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.