Peran Orangtua Sangat Penting Dampingi Anak ketika Menjelajah Internet

IDNews.co.id – Peningkatan kekerasan seksual yang berasal dari pemerasan webcam, tersingkap oleh Badan Perlindungan Online dan Eksploitasi Anak (CEOP). Berita tentang ini pasti begitu dikuatirkan, terlebih mereka yang seringkali mendapatkan cyberbully, pelecehan dan kekerasan pada anak.

Untuk beberapa besar orangtua di dunia, internet sebagai media anak-anak untuk mencari informasi. Bukan untuk chatting, mengeksplorasi dan bermain.

Ini begitu riil, kalau internet sudah jadi daya tarik untuk anak-anak. Sehingga banyak kekerasan yang dihadapi anak di internet. Sehingga begitu terutama untuk anak untuk bicara, tentang apa yang mereka alami selama menelusuri internet.

Seiring dengan resiko itu, sebagai orangtua mesti memberitahukan, kalau kesempatan begitu besar berada di dunia internet, terlebih untuk golongan muda. Pada saat anak-anak, orangtua mesti menyadari apa saja informasi yang anak-anak serap dari internet.

Beberapa besar anak-anak malas untuk ceritakan apa yang mereka alami di internet, dengan alasan, mereka takut dijauhkan dari teknologi itu. Cara yang paling baik dalam pendekatan dan menghindar anak-anak dari kekerasan, yaitu turut aktif dan menyadari informasi dalam kehidupan anak.

Cari info, apa yang mereka gemari dari internet, biarlah mereka menyukai apa yang mereka saksikan, selama itu tidak dalam wacana negatif. Berikan pada anak, resiko dari pemakaian webcam. Dan jika mereka remaja, berikan jika seringkali terjadi pemerasan online. (ndi)

Posting Peran Orangtua Sangat Penting Dampingi Anak ketika Menjelajah Internet ditampilkan lebih awal di IDNews.co.id.

Baca Artikel ini melalui Gadget Anda, silahkan scan QRCode berikut ini:

Related Search

author
No Response

Leave a reply "Peran Orangtua Sangat Penting Dampingi Anak ketika Menjelajah Internet"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.