Penyebab dan Cara Mengatasi Nyeri Vagina Saat Hamil

DokterSehat.Com– Saat hamil, Anda mungkin merasakan nyeri di beberapa bagian tubuh, termasuk vagina. Rasa nyeri ini umumnya dirasakan saat masuk kehamilan trimester ketiga, namun beberapa perempuan merasakannya sejak awal kehamilan. Apa penyebabnya?

doktersehat-kutil-kelamin-kanker-vagina-keringat

Kondisi vagina yang sakit dan tegang saat hamil dapat disebabkan oleh banyak hal. Namun penyebab paling umum adalah pertumbuhan janin dan rahim yang semakin besar dan memenuhi rongga bagian perut dan panggul. Selain pada vagina, beberapa otot yang ikut merasakan penekanan akibat ukuran rahim yang semakin besar antara lain adalah usus, kandung kemih dan anus.

Pada usia hamil tua, ketika janin mulai masuk panggul sehingga kepala janin turun dan menekan struktur di bagian panggul, hal ini juga dapat menyebabkan timbulnya nyeri di vagina. Semakin mendekati hari persalinan rahim mulai membesar, penggantung rahim makin tertarik, leher rahim juga mulai melebar serta gerakan janin semakin kuat sehingga dapat menyebabkan nyeri di selangkangan dan vagina.

Selain itu perubahan hormon juga dapat menyebabkan pinggul atau vagina sakit. Hormon saat hamil akan melonggarkan otot ligamen di sekitar perut dan panggul sehingga menambah rasa nyeri. Biasanya jika bumil mengalami kondisi ini, ia juga merasakan kaki dan tulang yang nyeri atau gemetar.

Meskipun termasuk hal yang wajar terjadi, namun rasa nyeri di vagina mungkin akan mengganggu aktivitas Anda. Untuk menguranginya, Anda bisa melakukan senam kegel untuk melatih kelenturan otot. Anda juga bisa meredakan nyeri vagina dengan berendam di air hangat. Jika kesulitan berendam, Anda dapat menggantinya dengan mengompres area selangkangan dengan kompres yang hangat dan bersih.

Hindari pergerakan tubuh yang membuat pinggang memutar. Jika Anda harus menengok ke belakang, sebaiknya putar tubuh Anda secara keseluruhan untuk mengurangi nyeri. Sebaiknya Anda juga menghindari jalanan yang datarannya menanjak dan menurun, menaiki tangga yang curam atau tinggi dan berhati-hati saat melewati polisi tidur.

Nyeri vagina sebenarnya merupakan hal yang tidak perlu dikhawatirkan, namun jika muncul tanda-tanda perdarahan pada vagina atau kram, Anda sebaiknya segera menghubungi dokter untuk mengantisipasi keguguran.

Source: http://doktersehat.com/penyebab-dan-cara-mengatasi-nyeri-vagina-saat-hamil/

Baca Artikel ini melalui Gadget Anda, silahkan scan QRCode berikut ini:

Related Search

author
No Response

Leave a reply "Penyebab dan Cara Mengatasi Nyeri Vagina Saat Hamil"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.