Pentingnya Kuras Minyak Rem Mobil

No comment 17 views

IDNews.co.id – Seperti diketahui, komponen terutama pada pengereman kendaraan yang sudah menggunakan disk brake yaitu kampas atau brake pad, kaliper dan minyak rem atau brake fluid. Dan ternyata minyak rem jadi hal paling terutama, karena yang menolong penekanan piston di kaliper saat menginginkan mencengkeram disk.

Jadi jika minyak rem menyusut, cara mudahnya cuma menaikkankannya. Tapi, sebagian pabrikan mobil memberi anjuran tidak sebatas menaikkankan saja. Jika sudah menyusut butuh melakukan pengurasan di kilometer spesifik. Mengapa?

Service Manager Porsche Indonesia, Christian Degraal mengatakan, pengurasan minyak rem pada Porsche dilakukan setiap 30 ribu kilometer atau dua tahun yang masuk langkah kedua perbaikan berkala. Degraal mengatakan, tapi masalahnya para pengguna mobil sebagian ada yang tidak sudi dikuras.

“Di tahun kedua saat kami menyuruh ganti minyak rem, banyak customer yang menyebutkan ngapain mesti ditukar, mobil jarang digunakan juga. Padahal kendaraan merk beda juga pastinya memberi anjuran untuk mengurasnya dan ganti dengan yang baru, ” katanya.

Dia menjelaskan, apabila bicara masalah tehnis minyak rem, ada hukum fisikanya yakni, higroskopis yang mana zat atau minyak rem dengan iklim Indonesia yang tingkat kelembapannya tinggi, sanggup mengikat air dari udara atau sekitar lingkungan, jadi otomatis akan terkontaminasi.

“Memang dengan kasat mata tidak tampak, orang pemula menyebutkan pastinya itu (minyak rem) bersih. Padahal tanpa diakui sudah terkontaminasi. Dampaknya jika minyak rem terkontaminasi air, otomatis akan terjadi penguapan, dan tidak maksimal saat menekan piston kaliper, biasanya orang menyebutkan rem blong, ” katanya.

Kampas rem dan brake disk, katanya, akan mengundang dampak panas jika sudah bergesekan dan sesudah itu panas itu dapat sekitar 200 derajat yang akan ditransfer ke piston kaliper. Ketika minyak rem sudah terkontaminasi air, dan lalu minyak menginginkan menekan piston, air itu akan beralih jadi uap karena sudah mendidih.

“Apa sekali lagi Porsche untuk kecepatan tinggi dan memerlukan rem yang keras atau hard braking, dan itu dapat terbayang berapakah panas yang diakibatkan. Jadi seringkali orang menyebutkan kok remnya nge-loss atau blong itu karena didalam minyak rem ada air yang menguap, ” tutur dia. (ndi)

Posting Pentingnya Kuras Minyak Rem Mobil ditampilkan lebih awal di IDNews.co.id.

Baca Artikel ini melalui Gadget Anda, silahkan scan QRCode berikut ini:

Related Search

author
No Response

Leave a reply "Pentingnya Kuras Minyak Rem Mobil"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.