Pengguna Smartphone RI Terancam Meltdown dan Spectre

IDNews.co.id – Awal 2018 diawali dengan penemuan celah keamanan pada prosesor modern yang sangat mungkin program beresiko mengambil informasi dari memori program beda.

Dengan kata beda, program jahat seperti malware bisa mengambil password, informasi akun, kunci enkripsi, atau dengan teoritis bisa ambil semua suatu hal yang tersimpan dalam memori sistem.

Celah keamanan ini dikenal dengan nama Meltdown dan Spectre. Kerentanan ini sudah ada selama lebih dari 20 tahun di arsitektur prosesor modern seperti Intel, AMD dan ARM di server, desktop dan perangkat mobile.

Artinya, semuanya pengguna yang menggunakan basis itu dalam keadaan Siaga I jika tidak segera ambil tindakan cepat untuk mengatasinya.

Celah keamanan yang dilaporkan per 3 Januari 2018 itu segera memperoleh tanggapan dari tiap-tiap vendor system operasi sekarang ini sudah ambil langkah preventif untuk tutup lubang yang dikarenakan oleh Meltdown dan Spectre.

Technical Consultant ESET Indonesia, Yudhi Kukuh, menyikapi keadaan genting ini dengan mengatakan kalau kerentanan karena Meltdown dan Spectre yaitu yang mengejutkan di awal tahun, semua basis tidak ada yang aman dari kerentanan ini.

Semuanya komputer yang menggunakan prosesor dari tahun 1995 hingga saat ini sangatlah berpotensi untuk terdampak.

” Ini artinya system operasi pada komputer dan perangkat mobile terancam dieksploitasi. Karenanya dianjurkan supaya para pengguna segera bergerak cepat untuk melakukan up-date di vendor masing-masing, ” kata Yudhi di Jakarta, Jumat, 5 Januari 2018.

Diketahui, ESET sebagai perusahaan keamanan data, merespons masalah ini dan tampil sebagai satu diantara sedikit vendor yang melaunching patch paling cepat yang ikut mengecilkan peluang terburuk.

Patch ini ada sejak up-date nomor 16681 per 4 Januari 2018 jam 14. 25 WIB. Untuk pengguna ESET yang terdaftar dan tersambungsi dengan online dengan otomatis akan mendapatkan up-date ini.(ndi)

Posting Pengguna Smartphone RI Terancam Meltdown dan Spectre ditampilkan lebih awal di IDNews.co.id.

__Posted on
January 5, 2018
__Categories
Peristiwa, Teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.