Pasien TB Harus Berobat Selama 6 Bulan, Ini Alasannya

IDNEWS.CO.ID –¬†Tuberkulosis (TB) merupakan penyakit yang masih tetap jadi beban besar di Indonesia. Indonesia sendiri menjadi negara ketiga di dunia dengan beban TB terbanyak setelah India dan China.

Penyakit TB diperingati pada tanggal 24 Maret setiap tahunnya di dunia. Penyakit ini disebabkan oleh mycobacterium tuberculosis yang menular melalui udara. Masa pengobatan pasien TB juga harus selesai selama minimal 6 bulan. Apa bisa sembuh sebelum 6 bulan?

Ketua Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) Cabang Jakarta, Dr dr Erlina Burhan, SpP(K) mengatakan bahwa TB belum sembuh sebelum pengobatan selama minimal 6 bulan. Pengobatan yang terhenti ataukah tidak teratur dapat menyebabkan terjadinya TB resisten obat (TB RO).

“TB resisten obat ialah TB yang kebal dengan obat yang sudah diberikan, terjadi sebab pasien berobat tidak selesai tidak sampai sembuh, kumannya bermutasi serta berubah jadi kuat serta kebal obat,” katanya saat konferensi pers di kantor pusat PDPI di Cipinang, Jakarta Timur, Senin (25/3/2019).

dr Erlina menambahkan, biasanya TB RO terjadi saat pasien TB merasa sudah sehat dan tidak lagi muncul gejala sebelum 6 bulan, mereka pun berhenti untuk meminum obat.

Kasus TB RO ini makin meningkat setiap tahunnya. Walau sebenarnya menurut dr Erlina TB RO ini bisa menularkan kuman yang resistensi obat dan sulit untuk disembuhkan.

“Karena tidak mempan lagi dengan obat yang biasa dipakai, jadi pakai obat kimia line kedua, lebih banyak, lebih keras, lebih banyak menimbulkan efek samping. Mual, muntah, nyeri otot, nyeri tulang,” lebih dr Erlina.

(ndi)

The post Pasien TB Harus Berobat Selama 6 Bulan, Ini Alasannya appeared first on IDNews.co.id.

Baca Artikel ini melalui Gadget Anda, silahkan scan QRCode berikut ini:

Related Search

author
No Response

Leave a reply "Pasien TB Harus Berobat Selama 6 Bulan, Ini Alasannya"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.