Panduan Negosiasi Term Sheet dengan Investor

Setiap harinya, lebih dari 20.000 startup enthusiast mendapat insight terkini seputar startup dan teknologi lewat newsletter kami. Kamu juga bisa berlangganan gratis sekarang.


Setelah berusaha melakukan pitching dan menggalang dana, salah satu momen penting dalam karier founder adalah ketika investor mengajukan term sheet atau lembar kesepakatan. 

Bagi kamu yang sedang melakukan penggalangan dana, sangat penting untuk memahami istilah apa saja yang terkandung dalam term sheet dan apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan

Cek selengkapnya di bawah, ya! 

NEWS HIGHLIGHT

Yang harus kamu waspadai ketika melakukan negosiasi term sheet dengan investor

Term sheet adalah dokumen yang biasanya disiapkan ketika ada investor ingin menanamkan modal di salah satu perusahaan. Dokumen ini tidak mengikat pihak-pihak yang terkait di dalamnya, sebelum kontrak yang sebenarnya dibuat. Apa saja hal yang harus diperhatikan? 

  • Carilah pengacara: Temukan pengacara yang sudah berpengalaman menangani jenis transaksi terkait. Jika kamu sedang dalam proses mencari pendanaan dari perusahaan modal ventura (VC), maka carilah seseorang yang pernah melakukan transaksi dengan VC, karena perjanjiannya tidak sama dengan ekuitas swasta lainnya.
  • Hak dewan: Kebanyakan founder tidak masalah dengan menawarkan hak pengamat bagi dewan investor. Ini memungkinkan para founder untuk mendapatkan lebih banyak komitmen dari para investor dan meminta mereka memberi nilai lebih, tanpa memberikan mereka hak suara.
  • Rencana exit: Investor punya kekuasaan untuk mendorong direksi agar menjual perusahaan. Ini biasanya datang dalam bentuk hak seret, yang berarti pemegang saham mayoritas pada dasarnya bisa memaksa pemegang saham minoritas untuk bergabung dalam penjualan startup.

Kamu bisa membaca panduan lengkap dalam melakukan negosiasi term sheet dengan investor, lewat artikel khusus pelanggan Tech in Asia ID+


Sea Group jadi pemegang saham Bank BKE 

Otoritas Jasa Keuangan mengonfirmasi bahwa Sea Group telah jadi salah satu pemegang saham PT Bank Kesejahteraan Ekonomi (atau Bank BKE). Banyak pihak mengatakan, langkah ini dilakukan sebagai persiapan merilis produk perbankan digital untuk pasar Indonesia.

Saat ini OJK sedang dalam tahap perampungan aturan mengenai bank digital. Regulasi tersebut yang ditargetkan selesai pada pertengahan 2021.

Sea Group diketahui tengah berupaya mengembangkan bisnis fintech di Asia Tenggara. Induk perusahaan Shopee itu telah mengantongi lisensi perbankan digital dari otoritas keuangan Singapura pada akhir 2020.

Baca selengkapnya tentang langkah induk perusahaan Shopee yang mengakuisisi Bank BKE di sini

ARTIKEL PREMIUM PILIHAN

Setiap bulannya pemilik akun gratis Tech in Asia Indonesia berkesempatan untuk membaca satu artikel premium pilihan kami. Baca gratis artikel di bawah atau lihat artikel premium lainnya.

author
No Response

Leave a reply "Panduan Negosiasi Term Sheet dengan Investor"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.