Obesitas Dapat Menular, Kok Bisa?

No comment 31 views

DokterSehat.Com– Apakah Anda pernah berpikir bahwa obesitas bisa menular? Ternyata, tinggal di lingkungan dengan tingkat obesitas yang tinggi dapat meningkatkan kemungkinan bahwa Anda dan anak-anak Anda juga akan menjadi bertambah gemuk.

obesitas-doktersehat

obesitas-doktersehat

Photo Credit: flickr.com/Sarah Colon

Itu menurut sebuah studi baru yang melibatkan lebih dari 1.500 keluarga Angkatan Darat Amerika Serikat.

Para periset mengatakan, seperti dilansir dari WebMd,  temuan mereka dapat membantu menjelaskan mengapa tingkat obesitas tinggi di Amerika Serikat cenderung berkerumun di wilayah geografis tertentu.

“Tinggal di sebuah komunitas di mana obesitas lebih merupakan norma daripada tidak dapat mempengaruhi apa yang dapat diterima secara sosial dalam hal perilaku makan dan olahraga dan ukuran tubuh,” jelas periset.

Sebuah fenomena yang disebut “penularan sosial” dimungkinkan sedang berjalan, meski penelitian tersebut tidak membuktikan hubungan sebab-akibat.

“Jika lebih banyak orang di sekitar Anda mengalami obesitas, maka itu bisa meningkatkan peluang Anda untuk menjadi gemuk,” periset memperkirakan.

Periset berfokus pada keluarga Angkatan Darat karena mereka biasanya pindah berdasarkan persyaratan militer daripada pilihan pribadi. Ini dieliminasi dari teori satu godaan tentang obesitas regional, bahwa orang-orang yang mengalami obesitas bergaul dengan orang lain seperti mereka.

Para peneliti menyaring data 2013-2014 untuk sekitar 1.300 orangtua dan 1.100 anak-anak. Keluarga tersebut ditempatkan di dekat 38 instalasi militer di seluruh Amerika Serikat.

Periset ingin melihat apakah keluarga memiliki peluang lebih tinggi untuk kelebihan berat badan atau obesitas saat diposkan di kabupaten dengan tingkat obesitas yang lebih tinggi.

Tim tersebut pertama kali meninjau indeks massa tubuh (BMI) untuk anggota keluarga. BMI adalah ukuran lemak tubuh berdasarkan tinggi dan berat badan.

Mereka kemudian menilai “lingkungan bersama” di mana keluarga tinggal, menghitung jumlah toko kelontong, fasilitas olahraga, rekreasi, dan semacamnya.

Para peneliti juga mempertimbangkan tingkat obesitas setiap komunitas secara keseluruhan. Ini berkisar antara 21 persen sampai 38 persen.

Periset mengatakan bahwa analisis tersebut mengkonfirmasikan bahwa keluarga militer yang ditugaskan untuk melakukan instalasi di negara-negara dengan tingkat obesitas lebih tinggi cenderung mengalami kelebihan berat badan atau obesitas daripada keluarga militer yang ditugaskan untuk melakukan instalasi di negara-negara dengan tingkat obesitas yang lebih rendah.

Tapi yang sebaliknya juga tampak benar. Merelokasi ke daerah dengan tingkat obesitas yang lebih rendah akan mengurangi peluang keluarga untuk menumpuk.

Periset mengatakan bahwa penelitian tersebut tidak menemukan bukti bahwa lingkungan bersama, seperti akses terhadap pilihan makan dan olahraga yang sama mendorong tingkat obesitas.

“Sudah diketahui dengan baik dalam literatur perilaku dan psikologi bahwa orang di sekitar kita mempengaruhi perilaku, nilai dan kepercayaan,” kata Lona Sandon, asisten profesor nutrisi.

“Itu termasuk perilaku, nilai dan kepercayaan yang berkaitan dengan kesehatan, makan dan olahraga. Akseptabilitas dan norma sosial banyak kaitannya dengan pilihan perilaku makanan dan olahraga, entah kita menyadarinya atau tidak,” Sandon menambahkan.

Penelitiannya sendiri menunjukkan kebanyakan orang percaya bahwa mereka mengendalikan perilaku mereka, yang tidak terlibat dalam penelitian ini.

Tapi ketika ditanya tentang situasi tertentu, seperti makan bersama teman dan apakah yang dipesan oleh teman mereka mempengaruhi pilihan makanan mereka, jawaban responden berubah.

Mereka sering menyadari bahwa orang lain di sekitar mereka memang mempengaruhi pilihan makanan.

“Jika Anda ingin mengubah kebiasaan makan dan olahraga Anda, carilah teman baru yang sudah menerapkan makan lebih sehat dan berolahraga,” Sandon menyarankan.

Source: http://doktersehat.com/obesitas-dapat-menular-kok-bisa/

Baca Artikel ini melalui Gadget Anda, silahkan scan QRCode berikut ini:

Related Search

author
No Response

Leave a reply "Obesitas Dapat Menular, Kok Bisa?"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.