Obat Salep Ampuh Untuk Atasi Gatal Pada Kulit

DokterSehat.Com– Gatal pada kulit memang sangat mengganggu, apalagi bila terjadi di sekujur tubuh. Biasanya gatal di sekujur tubuh bisa disebabkan oleh alergi cuaca, makanan atau produk perawatan badan tertentu. Jika gatal hanya dirasakan pada satu bagian tertentu, hal ini bisa disebabkan oleh gigitan serangga, atau penyakit kulit lainnya.

doktersehat-dermatitis-kontak-Porfiria-kanker-kulit

doktersehat-dermatitis-kontak-Porfiria-kanker-kulit

Jika Anda mulai merasa gatal, sebaiknya jangan buru-buru menggaruknya. Menggaruk bagian yang gatal hanya akan memperparah kondisi kulit bahkan meningkatkan risiko infeksi. Jika gatal karena alergi, maka hindari penyebab alergi, kemudian redakan rasa gatal dengan kompres air dingin. Setelah itu keringkan dengan handuk bersih lalu gunakan pelembap yang aman bagi kulit.

Untuk menghilangkan rasa gatal, Anda bisa menggunakan salep atau krim pereda gatal. Sebelum menggunakan salep pereda gatal, periksa apakah salep yang akan Anda gunakan mengandung zat-zat berikut:

1. Hidrokortison
Salep yang mengandung hidrokortison biasanya digunakan untuk mengurangi pembengkakan, gatal-gatal dan kemerahan akibat gigitan serangga, tanaman beracun, eksim, dermatitis, atau alergi. Menurut dr. Ethan Lerner, Ph.D., profesor dermatologi di Harvard Medical School, salep yang mengandung kortison bsa mengatasi ruam dan gatal karena logam, perhiasan, dan produk laundry.

Salep yang mengandung hidrokortison ini hanya membantu mengurangi gatal yang responsif terhadap kortison. Jika kamu menggunakan hidrokortison selama lebih dari 10 hari namun masih merasa gatal, sebaiknya segera periksakan ke dokter.

Jangan menggunakan hidrokortison di daerah yang lembab seperti pangkal paha, vagina, atau sekitar jari kaki karena dapat menyebabkan infeksi jamur menjadi lebih parah.

2. Calamine
Salep gatal yang mengandung calamine biasanya dijual dalam bentuk losion. Calamine menganding campuran oksida seng dan oksida besi yang biasa digunakan untuk menghilangkan rasa sakit dan gatal akibat iritasi tanaman beracun atau gigitan serangga. Salep ini juga ampuh untuk mengeringkan ruam yang melepuh.

3. Dipenhydramine
Dipenhydramine bekerja dengan cara menghalangi senyawa histamin alami tubuh untuk menyebabkan munculnya alergi. Selain untuk meredakan alergi, dipenhydramine juga bisa digunakan untuk menekan batuk, menangani mabuk perjalanan, atau obat tidur.

4. Pramoxine
Pramoxine digunakan untuk menghilangkan rasa sakit dan gatal akibat gigitan serangga. Ia termasuk jenis anestesi ringan yang sering ditambahkan pada obat anti gatal yang mengandung hidrokortison atau bahan aktif lainnya.

5. Menthol
Menthol memberi sensasi dingin ke kulit dan otak untuk mengalihkan perhatian Anda pada rasa gatal yang muncul. Sebenarnya salep dengan kandungan menthol ini cukup efektif untuk mengurangi rasa gatal, namun bisa memicu alergi bagi beberapa orang.

Jika Anda merasa ragu dengan kandungan salep gatal yang akan Anda gunakan, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter agar mendapat perawatan yang tepat.

Source: http://doktersehat.com/obat-salep-ampuh-untuk-atasi-gatal-pada-kulit/

__Posted on
January 26, 2018
__Categories
Kesehatan, Peristiwa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.