Obat Cegukan Ternyata Ada di Bokong

IDNews.co.id – Saat kita cegukan, paling tidak ada dua cara yang dikenal ampuh mengobatinya. Tarik napas dalam-dalam atau minum air putih yang banyak. Mempan? Ada pula yang tidak.

Nah, makanya sebaiknya kita tahu dahulu penyebabnya cegukan itu.

Dalam buku Asap Science karangan Mitchell Moffit dan Greg Brown, disebutkan jika cegukan dengan segera terkait dengan diafragma, yakni otot yang membentang pada bagian bawah rusuk dan bertindak sentral dalam pernapasan.

Cegukan sejatinya hanya kejutan singkat diafragma yang menimbulkan kontraksi otot dan tutup pita suara. Terkecuali cegukan tunggal, kita seringkali mengalami cegukan berturut-turut selama empat atau 60 kali per menit.

” Ketika menarik nafas, diafragma meregang dan mendorong ke bawah, membuat ruangan yang lebih luas ke paru-paru. Ketika diafragma santai, jadi ia bergerak kembali pada atas, memaksa paru-paru berkurang dan hembuskan nafas. Grakan ini terjadi tanpa sadar tiap-tiap hari. Tetapi ada saat dikala system yang berulang ini keluar dari jalur. Jadi timbullah cegukan, ” jelas kedua ilmuwan itu.

Cegukan itu juga nampak saat syaraf kirim tanda pada badan dan otak, dan kadang-kadang ada masalah pada jalur ini. Mengakibatkan, tanda terganggu dan pernapasan jadi tidak teratur.

Penyebabnya cegukan, terkecuali minuman berkarbonasi ada pula karena alkohol. Tapi banyak pula yang cegukan karena konsumsi makanan pedas dan berlemak. Kedua makanan ini mengganggu syaraf perut dan diafragma.

Minum air putih yang banyak dan menahan nafas jangka waktu lama dipercaya dapat buat cegukan berhenti. Akan tetapi belum ada pengamatan ilmiah yang dapat memastikannya.

Yang belum lama disadari peneliti, cara sebagai obat cegukan yaitu dengan pijatan pada dubur. Iya, pijatan selama 30 detik, dengan cara menempatkan jari pada anus, dapat merangsang sebagian syaraf yang terkait dengan cegukan dan berpotensi buat system kembali normal.

Daripada kembung karena minum air bergalon-galon, tidak ada kelirunya coba cara satu itu. (ndi)

Posting Obat Cegukan Ternyata Ada di Bokong ditampilkan lebih awal di IDNews.co.id.

__Posted on
January 3, 2018
__Categories
Kesehatan, Peristiwa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.