Muncul Nama SBY di E-KTP, KPK Tetap Fokus Usut Novanto

IDNews.co.id – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) belum ingin cepat-cepat merespons kenyataan persidangan terkait timbulnya nama Presiden ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono dalam masalah dugaan korupsi e-KTP.

SBY dimaksud ngotot meneruskan proyek e-KTP, meskipun ada laporan proyek itu bermasalah. KPK belum ingin untuk segera mengecek Ketua Umum Partai Demokrat itu.

” Hingga waktu ini belum ada rencana begitu karena ini kan keluar di kenyataan persidangan ya, ” kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah di konfirmasi awak media, Jumat (26/1/2018) .

Febri mengatakan, waktu ini pihaknya masih terlalu fokus untuk membuktikan keterlibatan Novanto di masalah e-KTP. ” Jadi prinsip dasarnya, persidangan itu untuk membuktikan perbuatan dari terdakwa, ” kata Febri.

Walau demikian sambung Febri pasti kenyataan persidangan itu akan jadi pertimbangan KPK dalam menggali lebih dalam masalah dugaan korupsi sebesar Rp2, 3 triliun itu.

” Jika keluar kenyataan persidangan, sudah pasti JPU yang akan melihat setiap detil sistem persidangan, ” katanya.

Sebelumnya, dalam persidangan e-KTP di pengadilan Tipikor, Kamis kemarin, mantan Wakil Ketua Banggar DPR dari Fraksi Partai Demokrat, Mirwan Amir mengakui sempat diperintahkan Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono untuk tetap meneruskan proyek e-KTP. Meski dari pernyataan Mirwan sudah melaporkan jika proyek itu bermasalah.

Kata Mirwan, SBY meminta proyek Rp5, 9 triliun itu tetap dilanjutkan karena dalam kondisi mendekati pilkada. Perintah itu di terima segera Mirwan saat menghadiri rapat di kediaman SBY di Cikeas. (ndi)

Posting Muncul Nama SBY di E-KTP, KPK Tetap Fokus Usut Novanto ditampilkan lebih awal di IDNews.co.id.

__Posted on
January 26, 2018
__Categories
Peristiwa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.