Motor yang Keluar Jalur Khusus di Thamrin Bakal Terkena Pidana

IDNews.co.id – Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya keluarkan ketentuan baru terkait diijinkannya sepeda motor melalui jalur protokol yaitu Jalan M. H Thamrin – Bundaran Hotel Indonesian (HI) – Patung Kuda – Jalan Medan Merdeka Barat.

Ketentuan itu di keluarkan, saat diberlakukannya jalur spesial untuk sepeda motor berdasarkan putusan Mahkamah Agung No 57. P/HUM/2017.

Menurut Dirlantas Alur Metro Jaya, AKBP Budiyanto, sosialisasi ini akan digalakkan untuk pengendara motor untuk teratur berlalu lintas. Sehingga, ia menginginkan para pengendara motor mematuhi ketentuan tidak untuk keluar dari marka atau garis yang sudah dipasang.

” Untuk sepeda motor yang tidak masuk dalam jalur itu adalah perbuatan tidak mematuhi hukum, ” kata Budiyanto pada wartawan, Jumat (26/1/2018).

Budiyanto belum dapat memperkirakan, berapakah penambahan jumlah motor setelah dikeluarkannya ketentuan itu. Cuma saja, dia utamakan, setiap pelanggaran tentunya dipantau mengingat tidak seutuhnya pengendara menyadari ketentuan baru itu.

Mengenai putusan MA yang di keluarkan yaitu membatalkan Peraturan Gubernur Nomor 195 tahun 2014 Pasal 1 ayat 1 & 2 juncto pasal 3 ayat 1 dan 2 Pergub No 141 tahun 2015 tentang larangan sepeda motor.

” Dengan pembatalan pasal itu bermakna sepeda motor diijinkan kembali melewati jalan itu yang dengan cara otomatis akan menyebabkan terjadinya penambahan volume arus jalan raya dan persoalan jalan raya yang lain, ” tangkisnya.

Mengenai pasal yang dipakai untuk pelanggar, Budiyanto mengatakan, ketentuan itu termuat dalam Undang-Undang No 22 tahun 2009 tentang LLAJ (jalan raya dan angkutan jalan), pasal 287 ayat 1 juncto pasal 106 ayat 4 huruf b.

Para pelanggar dapat dipidana kurungan paling lama 2 bulan atau denda paling banyak Rp500 ribu. (ndi)

Posting Motor yang Keluar Jalur Khusus di Thamrin Bakal Terkena Pidana ditampilkan lebih awal di IDNews.co.id.

__Posted on
January 27, 2018
__Categories
Peristiwa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.