Monitoring Dan Pemeriksaan Kerja PPDP Sebagai Upaya Mewujudkan Daftar Pemilih Yang Berkualitas

Jakarta – kpud-malangkab.go.id – Untuk menghasilkan daftar pemilih yang berkualitas maka KPU sebagai penyelenggara Pemilihan melakukan pemutakhiran data pemilih dengan langsung mendata setiap WNI yang mempunyai hak pilih secara langsung melalui petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) yang melakukan coklit di lapangan dari rumah ke rumah.

Dalam rangka persiapan coklit yang akan dilaksanakan selama 30 hari, 20 Januari s/d 18 Februari 2018, KPU melaksanakan Bimtek Pemantapan Sidalih Pemutakhiran Data Pemilih yang berlangsung pada tanggal 3-5 Januari 2018, di LPPI, Jalan Raya Kemang 35 Jakarta Selatan.

Komisioner KPU Divisi Perencanaan dan Data dalam agenda ini menyampaikan tentang pentingnya monitoring dan pemeriksaan kerja PPDP. “PPDP sebagai salah satu ujung tombak KPU dalam melakukan proses pemutakhiran data pemilih harus bekerja sesuai aturan, taat asas dan taat waktu”, demikian disampaikan oleh Komisioner yang sebelumnya pernah menjabat sebagai KPU Provinsi Kalimantan Barat tersebut.

“Oleh karena itu untuk mengukur seberapa maksimal kerja PPDP, maka perlu ada mekanisme kontrol di atasnya, yakni oleh PPS, PPK dan KPU Kabupaten/Kota, melalui proses monitoring dan pemeriksaan terhadap kerja PPDP”, sambungnya.

Selanjutnya materi tentang mekanisme monitoring dan pemeriksaan kerja PPDP secara rinci disampaikan oleh Partono Samino, staf ahli data KPU. Dalam paparannya dengan gamblang Partono menyampaikan langkah-langkah monitoring pemeriksaan yang masing-masing terdiri dari tiga tahap, yaitu persiapan, pelaksanaan dan pelaporan. Untuk melaksanakan monitoring dan pemeriksaan kerja PPDP ini, KPU Kabupaten/Kota, PPK dan PPS berpedoman pada petunjuk teknis yang diatur dalam keputusan KPU Nomor 1/PL.03.1-kpt/01/KPU/2018.

The post Monitoring Dan Pemeriksaan Kerja PPDP Sebagai Upaya Mewujudkan Daftar Pemilih Yang Berkualitas appeared first on KPU KABUPATEN MALANG.

Baca di link asal : Monitoring Dan Pemeriksaan Kerja PPDP Sebagai Upaya Mewujudkan Daftar Pemilih Yang Berkualitas

Baca Artikel ini melalui Gadget Anda, silahkan scan QRCode berikut ini:

Related Search

author
No Response

Leave a reply "Monitoring Dan Pemeriksaan Kerja PPDP Sebagai Upaya Mewujudkan Daftar Pemilih Yang Berkualitas"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.