Mitos Tentang Kolesterol Ini Sebaiknya Tidak Dipercaya

DokterSehat.Com– Meskipun sebagian besar masyarakat masih menerapkan gaya hidup yang tidak sehat, dalam realitanya kesadaran tentang masalah kolesterol juga semakin meningkat. Sayangnya, hal ini juga disertai dengan kemunculan berbagai mitos tentang kolesterol yang belum tentu bisa dipastika kebenarannya. Apa sajakah mitos-mitos tersebut?

ciri ciri kolesterol tinggi dan asam urat

Semua kolesterol berbahaya bagi kesehatan
Memang, kolesterol tinggi termasuk dalam masalah kesehatan yang paling berbahaya bagi manusia. Hanya saja, kolesterol yang patut kita waspadai adalah low-density lipoprotein (LDL) yang dikenal sebagai kolesterol jahat. Sementara itu, high-density lipoprotein (HDL) yang dikenal sebagai kolesterol baik justru sebaiknya kita jaga kadarnya tetap tinggi demi menjaga kelancaran berbagai fungsi di dalam tubuh.

Kolesterol tinggi hanya menyerang orang gemuk
Karena berkaitan dengan lemak, banyak orang yang berpikir jika masalah kolesterol tinggi hanya akan menyerang orang yang gemuk. Padahal, mereka yang memiliki tubuh yang ideal atau kurus juga memiliki risiko yang sama jika tidak menjaga pola makan atau gaya hidup yang sehat.

Kolesterol tinggi adalah masalah kesehatan orang tua
The American Academy of Pediatrics menyebutkan bahwa kolesterol tinggi tidak hanya akan menyerang orang tua, melainkan juga anak-anak, khususnya yang mengalami masalah obesitas dan kerap mengkonsumsi makanan yang kaya akan lemak jenuh dan lemak trans.

Kolesterol tinggi lebih sering menyerang pria
Kebanyakan orang berpikir jika kolesterol tinggi adalah masalah kesehatan yang lebih rentan menyerang kaum pria dibandingkan dengan wanita. Hal ini disebabkan oleh keberadaan hormon estrogen di dalam tubuh wanita yang bisa membantu proses penurunan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Sayangnya, setelah wanita mengalami fase menopause, kadar hormon estrogen di dalam tubuhnya akan menurun sehingga kadar kolesterol di dalam tubuhnya tak lagi bisa dikendalikan dengan mudah.

Kolesterol tinggi hanya bisa diatasi dengan obat
Memang, kini ada banyak obat kolesterol yang mampu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Hanya saja, asalkan kita mengkonsumsi makanan sehat dengan kadar gizi yang seimbang dan dan rendah kolesterol serta rajin berolahraga, maka kita bisa menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah secara alami.

Source: http://doktersehat.com/mitos-tentang-kolesterol-ini-sebaiknya-tidak-dipercaya/

Baca Artikel ini melalui Gadget Anda, silahkan scan QRCode berikut ini:

Related Search

author
No Response

Leave a reply "Mitos Tentang Kolesterol Ini Sebaiknya Tidak Dipercaya"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.